Sistem Zonasi Sekolah di Kota Padang Panjang

Pratama, Yogha (2023) Sistem Zonasi Sekolah di Kota Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_YOGHA_PRATAMA_16045059_3449_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana kebijakan sistem zonasi sekolah di Kota Padang Panjang, dan (2) Bagaimana kendala yang muncul dengan adanya penerapan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik di kota Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif untuk pengumpulan data menggunakan teknik observasi non partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah orangtua yang memiliki anak diusia sekolah yang akan melanjutkan ke tingkat sekolah menengah atas di Kota Padang Panjang. Teknik pemilihan informan menggunakan Snowball Sampling, serta untuk analisis data dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan sistem zonasi sekolah berupa penghapusan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu), lama domisili, pengumuman daya tampung, dan prioritas satu zonasi sekolah asal. karena sistem penerimaannya berfokus pada calon pendidik yang bertempat tinggal dalam jarak terdekat pada salah satu sekolah. Dilakukannya kebijakan pembatasan daya tampung pada sekolah yang membuat calon peserta didik yang memiliki kemampuan bagus atau bernilai tinggi tidak menjamin bisa sekolah yang diinginkan, sehingga adanya kecurangan pada alamat domisili dengan alamat pada kartu keluarga (KK) demi mendapatkan sekolah yang diinginkan untuk calon peserta didik. (2) Kendala sistem zonasi sekolah berupa teknis pelaksanaan yang kurang disosialisasikan kepada masyarakat, ketersedian sekolah belum merata, prioritas jarak menyebabkan motivas menurun, dikotomi sekolah unggul dan non unggul. Waktu sosialisasi yang terbatas yang pada akhirnya berpengaruh pada pemahaman masyarakat akan mekanisme baru dalam penerimaan peserta didik baru pasca ditetapkannya kebijakan zonasi melalui Permendikbud 17 Tahun 2017.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SISTEM ZONASI SEKOLAH, PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:29
Last Modified: 21 Sep 2023 04:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46843

Actions (login required)

View Item View Item