Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Geografi Kelas X IPS di SMAN 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Apriani, Windry Meysa (2023) Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Geografi Kelas X IPS di SMAN 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_WINDRY_MEYSA_APRIANI_18045023_3074_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X IPS di SMAN 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Kendala yang dialami guru mengatasi kesulitan belajar geografi pada siswa kelas X IPS di SMAN 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Bagaimanakah upaya guru mengatasi kesulitan belajar geografi pada siswa kelas X IPS di SMAN 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Penentuan subyek menggunakan purposive sampling. Subyek penelitian adalah 1 orang guru geografi kelas X IPS dan 12 siswa kelas X IPS. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa 1) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X IPS di SMAN 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman adalah faktor internal seperti minat belajar geografi yang masih rendah karena mata pelajaran tersebut masih kurang diminati oleh siswa sehingga mereka sering merasa bosan ketika mengikuti pembelajaran dan faktor ekternal adalah latar belakang keluarga siswa. 2) Kendala yang dialami guru mengatasi kesulitan belajar geografi pada siswa kelas X IPS di SMAN 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman adalah karakteristik siswa setiap kelas mengalami perbedaan sehingga setiap kelas guru memiliki metode pembelajaran yang berbeda dalam menyampaikan materi pelajaran geografi dan masih rendahnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran geografi karena siswa tersebut kurang mengukai pelajaran tersebut karena sulit untuk dimahami. 3) Upaya guru mengatasi kesulitan belajar geografi pada siswa kelas X IPS di SMAN 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman adalah memastikan kesiapan siswa untuk belajar geografi, pemakaian media belajar yang mempermudah pemahaman anak, permasalahan yang diberikan dalam kehidupan sehari-hari, tingkat kesulitan masalah sesuai dengan kemampuan anak, memberi kebebasan kepada anak untuk menyelesaikan masalah menurut caranya dan menghilangkan rasa takut anak untuk belajar geografi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSurtani, SurtaniUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
CorrectorNovio, ReryUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KESULITAN BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN GEOGRAFI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:20
Last Modified: 21 Sep 2023 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46828

Actions (login required)

View Item View Item