Etnobotani Bahan Kosmetik Alami oleh Masyarakat di Nagari Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat

Putri, Rahmi Hidayah (2023) Etnobotani Bahan Kosmetik Alami oleh Masyarakat di Nagari Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Rahmi_Hidayah_Putri_19032045_4051_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Nagari Ganggo Hilia merupakan salah satu nagari yang memiliki kearifan lokal dalam bentuk pemanfaatkan tumbuhan sebagai bahan kosmetik. Pengetahuan pemanfaatan tumbuhan sebagai bahan kosmetik oleh masyarakat di Nagari Ganggo Hilia berasal dari sejarah dan adat istiadat yang diperoleh secara turun-temurun melalui tradisi lisan dan belum terdokumentasi dengan baik, sehingga rentan terjadi kehilangan warisan para leluhur. Kebiasaan masyarakat yang seperti ini harus diketahui agar para wanita serta generasi muda mengetahui dan tetap melestarikan tumbuhan yang digunakan sebagai bahan kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis, organ, cara pengolahan serta cara perolehan tumbuhan yang digunakan sebagai bahan kosmetik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif yang menggunakan metode survei dan teknik wawancara semi terstruktur. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2022- Januari 2023 di Nagari Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat. Pemilihan responden menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 55, terdiri dari 5 responden kunci dan 50 reponden bukan kunci. Hasil penelitian ditemukan 29 jenis tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik . Nilai Index of Cultural Significance (ICS) tertinggi diperoleh tumbuhan Pacar kuku (Lawsonia inermis) sebesar 293 . Organ tumbuhan yang paling banyak digunakan adalah buah dan daun dengan persentase tertinggi sebesar 41% dan 31%. Cara pengolahan yang paling banyak digunakan yaitu dengan disajikan dalam bentuk segar (92%). Cara perolehan tumbuhan dengan cara dibeli sebesar 41%, budidaya (di pekarangan rumah) 33% dan liar 26%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDes, DesUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
CorrectorFevria, RestiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:20
Last Modified: 21 Sep 2023 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46826

Actions (login required)

View Item View Item