Isolasi, Uji Fitokimia dan Aktivitas Antibakteri dari Jamur Endofitik yang Berasosiasi dengan Daun Dewa (Gynura segetum)

Wardatillah, Ridha (2023) Isolasi, Uji Fitokimia dan Aktivitas Antibakteri dari Jamur Endofitik yang Berasosiasi dengan Daun Dewa (Gynura segetum). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_RIDHA_WARDATILLAH_19036152_2822_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Jamur endofitik merupakan mikroorganisme yang hidup dalam jaringan tumbuhan tanpa merugikan tumbuhan inangnya. Salah satu tumbuhan yang berpotensi sebagai inang bagi jamur endofitik adalah daun dewa (Gynura segetum) yang mengandung metabolit sekunder dan menghasilkan senyawa bioaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan isolat tunggal jamur endofitik dan mengetahui kandungan metabolit sekunder serta aktivitas antibakteri. Metode pada penelitian ini terdiri dari isolasi jamur endofitik dari daun G. segetum, kultivasi jamur endofitik pada media nasi serta ekstraksi jamur endofitik dengan etil asetat. Ekstrak etil asetat dari jamur endofitik daun G. segetum dilakukan uji kandungan metabolit sekunder, FTIR dan aktivitas antibakteri. Hasil isolasi jamur endofitik dari daun G. segetum menghasilkan isolat jamur endofitik dengan kode DDP. Pengamatan mikroskopis isolat DDP menunjukan spora dan hifa yang mirip dengan Nocardia sp. Hasil uji ekstrak etil asetat jamur isolat DDP positif mengandung senyawa steroid dan terpenoid dan pada spektrum FTIR menunjukkan adanya gugus geminal dimetil. Ekstrak isolat DDP juga memiliki kemampuan sebagai aktivitas antibakteri pada bakteri uji S. aureus dan E. coli pada kosentrasi 10%, 30% dan 50%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRiga, RigaUNSPECIFIED
CorrectorEtika, Sri BentiUNSPECIFIED
CorrectorParbuntari, HestyUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:19
Last Modified: 21 Sep 2023 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46817

Actions (login required)

View Item View Item