Gustimela, Ayu
(2023)
Efektivitas Teknik Total Task Presentation Dalam Meningkatkan Keterampilan Memasang Kaos Kaki Bagi Anak Down Syndrome(Single Subject Research di Kelas II SLB Negeri 1 Padang).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Setelah dilakukan studi pendahuluan di SLB Negeri 1 Padang, ditemukan
seorang anak down syndrome laki-laki dengan inisial A yang mengalami
permasalahan dalam memasang kaos kaki secara mandiri. Maka perlu adanya
alternative yang dapat memberikan solusi terhadap permasalahan kurangnya
keterampilan anak down syndrome dalam memasang kaos kaki. Solusi yang dapat
diberikan dengan memberikan intervensi pada teknik pembelajarannya dengan
menggunakan teknik total task presentation. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitaf dengan jenis penelitian SSR (Subject Single Research). Desain yang
digunakan dalam penelitian yaitu desai A-B-A dan menggunakan teknik analisis
visual grafik. Subjek dalam penelitian adalah seorang anak downsyndrome yang
duduk dibangku kelas II SDLB Negeri 1 Padang. Teknik pengumpulan data yang
digunakan menggunakan instrument tindakan.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa intervensi menggunakan
teknik total task presentation efektif dalam meningkatkan keterampilan
memasang kaos kaki bagi anak down syndrome. Hal ini dibuktikan denga skor
persentase yang diperoleh pada kondisi A1 sebesar 40%-37,5%. Saat pemberian
intervensi (B) mengalami peningkatan dengan skor persentase sebesar 60%-
77,5%. Serta setelah tidak diberikan intervensi (A2) diperoleh skor sebesar 85%
yang artinya anak mampu memahami bagaimana memasang kaos kaki.
Actions (login required)
|
View Item |