Efektivitas Teknik Total Task Presentation Dalam Meningkatkan Keterampilan Memasang Kaos Kaki Bagi Anak Down Syndrome(Single Subject Research di Kelas II SLB Negeri 1 Padang)

Gustimela, Ayu (2023) Efektivitas Teknik Total Task Presentation Dalam Meningkatkan Keterampilan Memasang Kaos Kaki Bagi Anak Down Syndrome(Single Subject Research di Kelas II SLB Negeri 1 Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_AYU_GUSTIMELA_18003091_1879_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setelah dilakukan studi pendahuluan di SLB Negeri 1 Padang, ditemukan seorang anak down syndrome laki-laki dengan inisial A yang mengalami permasalahan dalam memasang kaos kaki secara mandiri. Maka perlu adanya alternative yang dapat memberikan solusi terhadap permasalahan kurangnya keterampilan anak down syndrome dalam memasang kaos kaki. Solusi yang dapat diberikan dengan memberikan intervensi pada teknik pembelajarannya dengan menggunakan teknik total task presentation. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaf dengan jenis penelitian SSR (Subject Single Research). Desain yang digunakan dalam penelitian yaitu desai A-B-A dan menggunakan teknik analisis visual grafik. Subjek dalam penelitian adalah seorang anak downsyndrome yang duduk dibangku kelas II SDLB Negeri 1 Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan instrument tindakan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa intervensi menggunakan teknik total task presentation efektif dalam meningkatkan keterampilan memasang kaos kaki bagi anak down syndrome. Hal ini dibuktikan denga skor persentase yang diperoleh pada kondisi A1 sebesar 40%-37,5%. Saat pemberian intervensi (B) mengalami peningkatan dengan skor persentase sebesar 60%- 77,5%. Serta setelah tidak diberikan intervensi (A2) diperoleh skor sebesar 85% yang artinya anak mampu memahami bagaimana memasang kaos kaki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorMartias Z, Martias ZUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:23
Last Modified: 21 Sep 2023 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46802

Actions (login required)

View Item View Item