Kontribusi Perceived Organizational Support (POS) Dan Supervisi Akademik Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Guru SMP Negeri Di Kota Pariaman

Jaya, Indra (2023) Kontribusi Perceived Organizational Support (POS) Dan Supervisi Akademik Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Guru SMP Negeri Di Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_INDRA_JAYA_19147003_3769_2023.pdf

Download (824kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Pariaman yang menunjukan adanya indikasi masalah terkait organizational citizenship behavior (OCB). Terdapat beragam faktor yang mempengaruhi organizational citizenship behavior (OCB), diantaranya yaitu perceived organizational support (POS) dan supervisi akademik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) kontribusi perceived organizational support terhadap organizational citizenship behavior (OCB) guru SMP Negeri di Kota Pariaman. (2) Kontribusi supervisi akademik terhadap organizational citizenship behavior (OCB) guru SMP Negeri di Kota Pariaman. (3) Kontribusi perceived organizational support (POS) dan supervisi akademik secara bersama-sama terhadap organizational citizenship behavior (OCB) guru SMP Negeri di Kota Pariaman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 326 orang dengan jumlah sampel 121 orang dengan teknik pemilihan sampel menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis inferensial. Hasil penelitian menyebutkan (1) perceived organizational support dikategorikan baik dengn skor 80,71% dan kontribusi sebesar 5,7% terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) guru SMP Negeri se Kota Pariaman. (2) Supervisi Akademik dikategorikan cukup dengn skor 79,97% dengan kontribusi sebesar 4,3% terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) guru SMP Negeri se Kota Pariaman. (3) Organizational citizenship behavior (OCB) guru SMP Negeri se Kota Pariaman dikategorikan baik dengn skor 80,24%. Selain itu, perceived organizational support dan supervisi akademik memiliki kontribusi secara besama-sama sebesar 8,8% terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima secara empiris serta variabel perceived organizational support (POS) dan supervisi akademik merupakan dua faktor yang berkontribusi terhadap organizational citizenship behavior (OCB) guru SMP Negeri di Kota Pariaman, sisanya 91,2% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRifma, RifmaUNSPECIFIED
CorrectorSufyarma, SufyarmaUNSPECIFIED
CorrectorNelitawati, NelitawatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:20
Last Modified: 21 Sep 2023 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46801

Actions (login required)

View Item View Item