Jaya, Indra
(2023)
Kontribusi Perceived Organizational Support (POS) Dan Supervisi Akademik Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Guru SMP Negeri Di Kota Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan di Sekolah
Menengah Pertama Negeri di Kota Pariaman yang menunjukan adanya indikasi
masalah terkait organizational citizenship behavior (OCB). Terdapat beragam
faktor yang mempengaruhi organizational citizenship behavior (OCB),
diantaranya yaitu perceived organizational support (POS) dan supervisi
akademik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) kontribusi perceived
organizational support terhadap organizational citizenship behavior (OCB) guru
SMP Negeri di Kota Pariaman. (2) Kontribusi supervisi akademik terhadap
organizational citizenship behavior (OCB) guru SMP Negeri di Kota Pariaman.
(3) Kontribusi perceived organizational support (POS) dan supervisi akademik
secara bersama-sama terhadap organizational citizenship behavior (OCB) guru
SMP Negeri di Kota Pariaman.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode
korelasional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 326 orang dengan jumlah
sampel 121 orang dengan teknik pemilihan sampel menggunakan teknik Stratified
Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket
dengan skala likert. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis
inferensial.
Hasil penelitian menyebutkan (1) perceived organizational support dikategorikan baik dengn skor 80,71% dan kontribusi sebesar 5,7% terhadap
Organizational Citizenship Behavior (OCB) guru SMP Negeri se Kota Pariaman.
(2) Supervisi Akademik dikategorikan cukup dengn skor 79,97% dengan
kontribusi sebesar 4,3% terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB)
guru SMP Negeri se Kota Pariaman. (3) Organizational citizenship behavior
(OCB) guru SMP Negeri se Kota Pariaman dikategorikan baik dengn skor
80,24%. Selain itu, perceived organizational support dan supervisi akademik
memiliki kontribusi secara besama-sama sebesar 8,8% terhadap organizational
citizenship behavior (OCB). Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan
bahwa hipotesis dapat diterima secara empiris serta variabel perceived
organizational support (POS) dan supervisi akademik merupakan dua faktor yang
berkontribusi terhadap organizational citizenship behavior (OCB) guru SMP
Negeri di Kota Pariaman, sisanya 91,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
Actions (login required)
|
View Item |