Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Transparansi dan Akuntabilitas terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kota Patakumbuh

Fitriah, Annisah (2023) Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Transparansi dan Akuntabilitas terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kota Patakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_ANNISAH_FITRIAH_18042026_3306_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh penerapan prinsip-prinsip transparansi terhadap kinerja pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh. (2) Pengaruh penerapan prinsip-prinsip akuntabilitas terhadap kinerja pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh. (3) Pengaruh penerapan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas terhadap kinerja pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan perhitungan angka-angka. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian asosiatif yaitu untuk melihat seberapa jauh pengaruh transparansi dan akuntabilitas terhadap kinerja pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 77 orang pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden dengan pengukuran skala likert. Analisis penelitian ini menggunakan ujii regresi linear berganda menggunakan Software SPSS Versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Transparansi di Kantor Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh berada pada kategori sangat tinggi dengan tingkat capaian responden sebesar 89,8%. (2) Akuntabilitas di Kantor Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh berada pada kategori sangat tinggi dengan tingkat capaian responden sebesar 85,7%. (3) Kinerja pegawai di Kantor Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh berada pada kategori sangat tinggi dengan tingkat capaian responden sebesar 87,6%. Pengujian hipotesis diuji dengan menggunakan uji t dan uji f. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa transparansi dan akuntabilitas di Kantor Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh sudah baik, hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa transparansi dan akuntabilitas berpengaruh terhadap kinerja pegawai baik secara parsial maupun secara simultan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAdnan, M. FacriUNSPECIFIED
CorrectorSyamsir, SyamsirUNSPECIFIED
CorrectorEriyanti, EriyantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:44
Last Modified: 20 Sep 2023 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46786

Actions (login required)

View Item View Item