Analisis Intensitas Kebisingan Sekitar Masjid di Kecamatan Padang Barat (Studi Kasus: Masjid Mujahidin, Masjid Nahdatul Islam dan Masjid Jami’ Al-Kamil)

Mutia, Sri (2023) Analisis Intensitas Kebisingan Sekitar Masjid di Kecamatan Padang Barat (Studi Kasus: Masjid Mujahidin, Masjid Nahdatul Islam dan Masjid Jami’ Al-Kamil). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_SRI_MUTIA_18136083_3629_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bertambahnya jumlah penduduk dan aktivitas yang meningkat menyebabkan peningkatan kebutuhan dari industri dan transportasi, serta daya konsumtif masyarakat. Kota merupakan tempat dimana masyarakat dapat memenuhi semua kebutuhan melalui berbagai fasilitas yang diakses dengan cara menggunakan transportasi setiap harinya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui bagaimana intensitas kebisingan dan 2) mengetahui bagaimana pengaruh intensitas kebisingan di sekitar Masjid Mujahidin dan Masjid Taqwa Muhammadiyah pada waktu shalat saat hari kerja dan juga hari libur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitaif. Data pengukuran kebisingan di lapangan di interpolasi secara spasial menggunakan fitur analisis geostatistik interpolasi pada perangkat lunak ArcGis 10.3 dan juga menggunakan analisis regresi linear. Intensitas kebisingan tertinggi terdapat di kawasan masjid Mujahidin yaitu pada waktu sholat Ashar dengan tingkat kebisingan 79,4 dBA dan jumlah kendaraan yang lewat sebanyak 3700 unit. Hal itu dikarenakan hari libur yang digunakan masyarakat untuk berlibur khususnya ke objek wisata seperti salah satunya pantai padang dengan menggunakan kendaraan. Jumlah kendaraan yang melintas di sekitar lokasi penelitian memberi pengaruh yang relevan terhadap intensitas kebisingan yang diperoleh. Berdasarkan hasil analisis regresi yang dilakukan diketahui nilai R Squarenya adalah sebesar 0,616 artinya bahwa variabel jumlah kendaraan (variabel X) berpengaruh terhadap variabel inensitas kebisingan (variabel Y) sebesar 61,6 % .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorChandra, DededUNSPECIFIED
CorrectorPurwaningsih, EndahUNSPECIFIED
CorrectorPrarikeslan, WidyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: JUMLAH KENDARAAN, INTENSITAS KEBISINGAN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:09
Last Modified: 20 Sep 2023 03:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46778

Actions (login required)

View Item View Item