Strategi Bertahan Hidup Keluarga Buruh Tani Sawit Korban PHK di Era Pandemi COVID-19 Nagari Koto Nan Empat dibawuh Kecamatan IX Koto Kabupaten Dharmasraya

Anjeli, Anjeli (2023) Strategi Bertahan Hidup Keluarga Buruh Tani Sawit Korban PHK di Era Pandemi COVID-19 Nagari Koto Nan Empat dibawuh Kecamatan IX Koto Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_ANJELI_16058065_4264_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di Nagari Koto Nan Empat Dibawuh Kecamatan IX Koto Kabupaten Dharmasraya.Di daerah tersebut,ada beberapa keluarga buruh tani sawit yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat krisis yang dirasakan oleh perusahaan selama pandemi covid-19,hal itu sangat mempengaruhi keluarga buruh tani sawit yang bekerja di PT DSL sebagai tempat bergantung hidup,untuk bertahan hidup akibat PHK keluarga buruh tani sawit mempunyai strategi-strategi agar bisa bertahan hidup pada masa pandemi covid-19 seperti mencari pekerjaan lain.Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi bertahan hidup keluarga buruh tani sawit korban PHK di era pandemi covid-19 di Nagari Koto Nan Empat Dibawuh Kecamatan IX Koto Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini dianalisis dengan pendekatan kualitatif dengan teori Pilihan Rasional. Pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 15 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dari Miles dan Huberman yang digunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Penelitian ini dianalis dengan teori Pilihan Rasional oleh James Coleman.Coleman memusatkan sosiologi pada sistem sosial.Coleman berpendapat bahwa dimana fenomena makro harus dijelaskan oleh faktor internalnya khususnya oleh faktor individu.Fenomena pada tingkat mikro selain bersifat individual dapat menjadi sasaran analisisnya.Gagasan tersebut adalah tindakan perorangan mengarah kepada sesuatu tujuan dan tujuan itu ditentukan oleh nilai atau pilihan.Ada dua unsur dalam teori Coleman yakni Aktor dan Sumber daya.Sumber daya adalah sesuatu yang menarik perhatian dandapat dikontrol oleh aktor. Dalam penelitian ditemukan tiga strategi bertahan hidup yaitu: 1).Melakukan pinjaman uang kepada kerabat,2).Beralih mata pencaharian,peralihan mata pencaharian dibagi tiga yaitu: a).Membuat kerajinan rumah tangga,b).Beternak ikan,c).Menjadi driver ojek online,3).Menerapkan pola nafkah ganda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusilawati, NoraUNSPECIFIED
CorrectorIkhwan, IkhwanUNSPECIFIED
CorrectorWirdanengsih, WirdanengsihUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STRATEGI BERTAHAN HIDUP KELUARGA BURUH TANI SAWIT
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:08
Last Modified: 20 Sep 2023 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46777

Actions (login required)

View Item View Item