Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Konflik Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika SMA/MA pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya

Zuwita, Nadia (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Konflik Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika SMA/MA pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_NADIA_ZUWITA_18033074_3813_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran fisika adalah peserta didik dapat memahami konsep-konsep pembelajaran dan meningkatkan pemahman konsep, namun, peserta didik masih mengalami miskonsepsi dan pemahaman konsep rendah termasuk pada materi gelombang buyi dan cahaya. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis konflik kognitif dengan bantuan multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas model pembelajaran berbasis konflik kognitif berbantuan multimedia interaktif terhadap pemahaman konsep fisika SMA/MA pada materi gelombang bunyi dan cahaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis quasi experimental (eksperimen semu). Sampel penelitian terdiri dari 65 siswa IPA SMA dengan dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Pada tahap penilaian tes konsep dianalisis dengan uji Mann-Whitney, data didapatkan dengan bantuan statistik IBM SPSS 20. Hasil penelitian yang didapatkan Sig.Asim < 0,05 yang termasuk pada daerah penolakkan H o , sehingga hipotesis kerja H 1 diterima, yang artinya model pembelajaran berbasis konflik kognitif berbantuan multimedia interaktif berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi gelombang bunyi dan cahaya. Sebagai itu, model pembelajaran berbasis konflik kognitif berbantuan multimedia interaktif efektif untuk digunakan dalam meremediasi miskonsepsi dan meningkatkan pemahaman konseptual peserta didik SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Sep 2023 09:00
Last Modified: 19 Sep 2023 09:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46749

Actions (login required)

View Item View Item