Zuwita, Nadia
(2023)
Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Konflik
Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap
Pemahaman Konsep Fisika SMA/MA pada Materi
Gelombang Bunyi dan Cahaya.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Salah satu tujuan pembelajaran fisika adalah peserta didik dapat
memahami konsep-konsep pembelajaran dan meningkatkan pemahman konsep,
namun, peserta didik masih mengalami miskonsepsi dan pemahaman konsep
rendah termasuk pada materi gelombang buyi dan cahaya. Salah satu solusi yang
dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan
model pembelajaran berbasis konflik kognitif dengan bantuan multimedia
interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas model
pembelajaran berbasis konflik kognitif berbantuan multimedia interaktif terhadap
pemahaman konsep fisika SMA/MA pada materi gelombang bunyi dan cahaya.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis quasi
experimental (eksperimen semu). Sampel penelitian terdiri dari 65 siswa IPA
SMA dengan dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang
dipilih dengan teknik purposive random sampling. Pada tahap penilaian tes
konsep dianalisis dengan uji Mann-Whitney, data didapatkan dengan bantuan
statistik IBM SPSS 20.
Hasil penelitian yang didapatkan Sig.Asim < 0,05 yang termasuk pada
daerah penolakkan H
o
, sehingga hipotesis kerja H
1
diterima, yang artinya model
pembelajaran berbasis konflik kognitif berbantuan multimedia interaktif
berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi gelombang
bunyi dan cahaya. Sebagai itu, model pembelajaran berbasis konflik kognitif
berbantuan multimedia interaktif efektif untuk digunakan dalam meremediasi
miskonsepsi dan meningkatkan pemahaman konseptual peserta didik SMA.
Actions (login required)
|
View Item |