Tinjauan Kelayakan Kota Pariaman Sebagai Healthy City Terhadap Infrastuktur Drainase dan Ruang Terbuka Hijau Publik di Kota Pariaman

Revindo, Alfarezi (2023) Tinjauan Kelayakan Kota Pariaman Sebagai Healthy City Terhadap Infrastuktur Drainase dan Ruang Terbuka Hijau Publik di Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_ALFAREZI_REVINDO_17136006_589_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini perubahan fisik kota yang cukup pesat dan berkembang juga terjadi di Kota Pariaman, kota yang berada diwilayah yang strategis memudahkan dalam pengembangan kota hal itu memicu berkembangnya pembangunan infrastuktur yang cukup pesat. Kota Pariaman merupakan salah satu kota yang mempunyai perencanaan visi dan misi dalam target untuk menjadikan sebagai healthy city atau kota sehat dalam infrastuktur perkotaan terutama pada drainase dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Publik. Dalam tujuan mencapai kota sehat perlunya melakukan penilaian terhadap suatu objek yang dilihat dari suatu masalah yang terjadi di suatu kota. Sehingga perlunya peninjaun yang dilakukan tujannya apakah Kota Pariaman termasuk kota sehat dalam infrastuktur tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui kelayakan infrastuktur drainase dan ketersedian Ruang Terbuka Hijau (RTH) publik dalam health city di Kota Pariaman. (2) Mengetahui persebaran infrastuktur drainase dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) publik dalam health city di Kota Pariaman. Metode penelitian ini terbagi menjadi dua bagian (1) Drainase dengan mengunakan teknik pembobotan/scoring sehingga hasil dari penjumlahan tersebut akan menunjukan kriteria kelayakan drainase. (2) Ruang Terbuka Hijau (RTH) publik dengan mengunakan teknik digitasi pada interpretasi citra satelit google maps. Berdasarkan dari hasil perhitungan dan penjumlahan terhadap drainase dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) publik dapat diketahui yaitu (1) penilain akhir setiap kecamatan yang ada di Kota Pariaman menunjukan untuk kelayakan drainase rata rata cukup layak, dimana untuk Kecamatan Pariaman Tengah nilainya 323, Kecamatan Pariaman Timur nilainya 180, Kecamatan Pariaman Utara nilainya 170 dan Kecamatan Pariaman Selatan nilainya 173. Sehingga dari hasil nilai tersebut dimana sudah memenuhi standar penilaian akhir untuk kelayakan drainase yang ada di Kota Pariaman. Untuk persebaran drainase yang ada di Kota Pariaman menunjukan kategori yang berbeda di setiap kecamatan. Sehingga rata rata persebaran drainase yang ada di Kota Pariaman dalam cukup layak. (2) Berdasarkan hasil analisis untuk ketersedian Ruang terbuka hijau publik di Kota Pariaman sesuai dengan Menteri Pekerjaan Umum No.05/PRT/M/2008 untuk kebutuhan (RTH) publik harus 20%. Sehingga dari analisis yang didapatkan menunjukan bahwa Kota Pariaman sudah memenuhi standar untuk (RTH) publik yaitu 151.391 ha jika di persenkan sebesar 21.00 % dari luas wilayah di perkotaan. Untuk Kecamatan Pariaman Tengah memilki luas 397.82 ha, Kecamatan Pariaman Timur memilki luas 158.23 ha, Kecamatan Pariaman Utara memilki luas 41.598 ha dan Kecamatan Pariaman Selatan memilki luas 442,51 ha. Untuk persebaran Jenis (RTH) publik yang paling dominan di Kota Pariaman yaitu (RTH) pertanian perkotaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIswandi, IswandiUNSPECIFIED
CorrectorIskarni, PausUNSPECIFIED
CorrectorEdial, HelfiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HEALTHY CITY
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Sep 2023 09:00
Last Modified: 20 Sep 2023 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46743

Actions (login required)

View Item View Item