Sihombing, Mhd. Ricky Fadil
(2022)
Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran di SDN 152028 Padang Masiang 1 Barus Kabupaten Tapanuli Tengah.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran di SDN 153028 Padang Masiang 1 Barus. Kemampuan membaca Alquran siswa kelas IV, V dan VI belum mencapai KKM dilihat nilai ulangan siswa yang lulus 7 siswa dan yang tidak lulus 15 siswa. Penggunaan media audio visual sebagai alat pendukung dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran. Sampel penelitian berjumlah 22 siswa kelas IV, V danVI serta menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode penelitian ini adalah penelitian Kualitatif Deskriptif .Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran di SDN 153028 Padang Masiang 1 Barus Kabupaten Tapanuli Tengah berjalan dengan baik dan mengalami perubahan yang signifikan terhadap siswa yang telah mampu membaca Alquran dengan baik dilihat dari kategori tajwid, huruf dan fasoha, siswa sudah mampu membaca Alquran dan lulus KKM berjumlah 16 siswa dan yang tidak lulus 6 siswa. Penulis menyimpulkan penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran di SDN 153028 Padang Masiang 1 Barus berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan yang signifikan.
Actions (login required)
|
View Item |