Sumber Kekuasaan Politik dalam Pemilihan Kepala Desa Studi Perilaku Memilih Masyarakat di Desa Naras 1 Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman

Nadila, Putri (2023) Sumber Kekuasaan Politik dalam Pemilihan Kepala Desa Studi Perilaku Memilih Masyarakat di Desa Naras 1 Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_PUTRI_NADILA_19058026_5383_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku memilih masyarakat Desa Naras 1 Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman.Analisisdaristudiinimenggunakan sumber kekuasaan politik yang dimiliki kepala desa. Menurut Ramlan Surbakti, perilaku memilih adalah aktivitas pemberian suara oleh individu yang berkaitan erat dengan kegiatan pengambilan keputusan. Dalam hal ini maksud dari pengambilan keputusan adalah ada kepala desa yang dipilih dan ada yang tidak dipilih dimana dalam suatu pilkades ada masyarakat yang memilih dan ada masyarakat yang tidak memilihnya. Penelitian ini akan mengambil kasus di Desa Naras 1. Analisis peneliti menggunakan beberapa pemikiran dan teori kekuasaan dari Ramlan Surbakti dan Max Weber yang menjelaskan tentang sumber kekuasaan dalam bidang politik. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif tipe studi perilaku memilih dalam masyarakat, serta menggunakan Teknik puposive sampling sebagai teknik pemilihan informan yang berjumlah 20 orang. Dimana terdapat 3 kepala desa, 2 orang aparat desa dan 17 masyarakat. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan obervasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan triangulasi data untuk melihat keabsahan data. Untuk analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, melalaui tahap redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan yaitu: Pertama, alasan Sumber Kekuasaan Menjadi Pemilih Kepala Desa. Kedua, Analisis Hasil Pengelompokan Sumber kekuasaan dari Ramlan Surbakti (2010) dan Max Weber. Dalam hal ini dikaji dari studi Ramlan Surbakti, (2010) dari paksaan fisik, kekayaan dan harta benda (ekonomi), normatif, jabatan, keahlian, informasi, status sosial, popularitas pribadi dan massa yang teroganisasikan. dan juga yang disampaikan oleh Weber dimana mengkontruksikan kekuasaan kedalam tiga bentuk yaitu, otoritas tradisional, otoritas legal rasional dan kharisma (Effendi Chairi, 2019).Bagi masyarakat sumber kekuasaan yang paling optimal digunakan yang dapat mempengaruhi seseorang itu adalah salah satunya sumber kekuasaan harta benda dan kekayaan (ekonomi),sumber kekuasaan status sosial, sumber kekuasaan popularitas dan sumber kekuasaan massa yang teroragnisir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Eka VidyaUNSPECIFIED
CorrectorIkhwan, IkhwanUNSPECIFIED
CorrectorFernandes, RenoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERILAKU MEMILIH MASYARAKAT, PERILAKU MEMILIH MASYARAKAT
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Sep 2023 00:49
Last Modified: 19 Sep 2023 00:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46698

Actions (login required)

View Item View Item