Instrumen Solar Charge Controller Menggunakan Metode Maximum Power Point Tracking Berbasis Internet of Things dengan Display Smartphone

Ushalli, Muhammad Ajriy (2023) Instrumen Solar Charge Controller Menggunakan Metode Maximum Power Point Tracking Berbasis Internet of Things dengan Display Smartphone. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Muhammad_Ajriy_Ushalli_16034036_3108_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Energi matahari merupakan sumber energi potensial yang dapat dimanfaatkan Indonesia sebagai sumber energi terbarukan. Hal ini dikarenakan Indonesia berada di daerah yang dilewati garis khatulistiwa. Permasalahan pemanfaatan energi matahari yang terjadi yaitu rendahnya kemampuan tangkap daya dari sel surya serta susahnya akses dalam monitoring daya yang mampu dihasilkan oleh sel surya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan spesifikasi performansi dan desain dari instrumen solar charge controller menggunakan metode maximum power point tracking berbasis internet of things dengan display smartphone. Penelitian ini tergolong dalam penelitian pengembangan. Pada sistem MPPT yang dihasilkan, ditambahkan fungsi IoT guna menjadi display kemampuan panen daya dari sel surya yang digunakan. Pada penelitian dijelaskan spesifikasi performansi dan spesifikasi desain alat. Spesifikasi performansi menjelaskan kinerja dan fungsi dari setiap sistem pembangun alat. Dan spesifikasi desain menjelaskan kemampuan alat dalam panen daya sel surya serta kemampuan instrumen dalam transfer data dari instrumen ke smartphone melalui internet. Hasil yang didapatkan dari penelitian untuk spesifikasi performansi pembangun instrumen menggunakan komponen dasar elektronika. Untuk sensor yang digunakan sensor arus ACS712 dan untuk sensor tegangan menggunkan resistor dengan prinsip rangkaian pembagi tegangan. Untuk mikrokontroler yang digunakan ada dua yaitu, Arduino pro mini sebagai mikrokontrol untuk sistem MPPT pada instrumen, dan nodeMCU ESP8266 sebagai sarana transfer data dari instrumen ke smartphone melalui internet. Spesifikasi desain didapatkan daya yang mampu dipanen oleh instrumen secara keseluruhan lebih baik dari pada tidak menggunakan instrumen MPPT. Dan untuk kemampuan transfer data dari instrumen ke smartphone didapatkan hasil yang lancar dan stabil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulkifli, YulkifliUNSPECIFIED
CorrectorYohandri, YohandriUNSPECIFIED
CorrectorRamli, RamliUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Sep 2023 11:42
Last Modified: 18 Sep 2023 11:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46695

Actions (login required)

View Item View Item