Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengevaluasi Pemahaman Siswa terhadap Materi Larutan Penyangga pada Representasi Level Makroskopik, Sub-Mikroskopik dan Simbolik Menggunakan Model RASCH

Hutagalung, Kristina (2023) Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengevaluasi Pemahaman Siswa terhadap Materi Larutan Penyangga pada Representasi Level Makroskopik, Sub-Mikroskopik dan Simbolik Menggunakan Model RASCH. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_KRISTINA_HUTAGALUNG_18035009_4321_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konseptual siswa pada materi larutan penyangga faktanya belum teruji secara komprehensif pada tiga level representasi kimia. Instrumen tes diperlukan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model rasch dan menghasilkan instrumen tes yang dapat menguji pemahaman tiga level representasi kimia pada materi larutan penyangga yang valid, reliabel, memiliki indeks kesukaran dan mempunyai daya beda soal yang baik. Adapun langkah-langkah penelitian ini mengangkat 10 tahap pengembangan oleh Wei, et al pada tahun 2012. Instrumen penelitian yang diterapkan yaitu angket validasi isi butir soal dan juga angket vaalidasi rubrik penilaian yang diisi oleh 5 orang dosen kimia yang ahli dalam bidangnya. Data mentah dari hasil validasi dosen dianalisis menggunakan model Rasch yang didukung oleh Software minifacet dan ministep untuk menganalisis hasil data uji coba pada peserta didik. Didapat hasil exact agreement dari hasil validitas isi 97,4% dan expect agreement 97,3% yang artinya adanyaa kesesuaian (fit) antara hasil dari penilaian dosen dengan hasil ancangan model. Selanjutnya hasil dari kualitas butir secara empiris didapatkan bahwa semua item telah memenuhi kriteria valid pada indikator MNSQ, ZSTD dan Pt-MeanCorr dengan nilai reliabilitas 0,88 dengan kategori bagus sekali, mempunyai indeks kesukaran yaitu tingkat mudah, sedang, sulit dan sangat sulit, serta daya pembeda soal mempunyai 4 tingkatan responden.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
CorrectorSuryani, OktaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Sep 2023 11:42
Last Modified: 18 Sep 2023 11:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46692

Actions (login required)

View Item View Item