Hutagalung, Kristina
(2023)
Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengevaluasi
Pemahaman Siswa terhadap Materi Larutan
Penyangga pada Representasi Level
Makroskopik, Sub-Mikroskopik dan
Simbolik Menggunakan Model RASCH.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pemahaman konseptual siswa pada materi larutan penyangga faktanya belum
teruji secara komprehensif pada tiga level representasi kimia. Instrumen tes
diperlukan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa pada materi larutan
penyangga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development
(R&D) dengan menggunakan model rasch dan menghasilkan instrumen tes yang
dapat menguji pemahaman tiga level representasi kimia pada materi larutan
penyangga yang valid, reliabel, memiliki indeks kesukaran dan mempunyai daya
beda soal yang baik. Adapun langkah-langkah penelitian ini mengangkat 10 tahap
pengembangan oleh Wei, et al pada tahun 2012. Instrumen penelitian yang
diterapkan yaitu angket validasi isi butir soal dan juga angket vaalidasi rubrik
penilaian yang diisi oleh 5 orang dosen kimia yang ahli dalam bidangnya. Data
mentah dari hasil validasi dosen dianalisis menggunakan model Rasch yang
didukung oleh Software minifacet dan ministep untuk menganalisis hasil data uji
coba pada peserta didik. Didapat hasil exact agreement dari hasil validitas isi 97,4%
dan expect agreement 97,3% yang artinya adanyaa kesesuaian (fit) antara hasil dari
penilaian dosen dengan hasil ancangan model. Selanjutnya hasil dari kualitas butir
secara empiris didapatkan bahwa semua item telah memenuhi kriteria valid pada
indikator MNSQ, ZSTD dan Pt-MeanCorr dengan nilai reliabilitas 0,88 dengan
kategori bagus sekali, mempunyai indeks kesukaran yaitu tingkat mudah, sedang,
sulit dan sangat sulit, serta daya pembeda soal mempunyai 4 tingkatan responden.
Actions (login required)
|
View Item |