Pengaruh Metode Latihan Komando, Metode Latihan Eksplorasi dan Motivasi Terhadap Hasil Kemampuan Smash Atlet Junior Sepak Takraw Kabupaten Sijunjung

Hirwana, Putria (2023) Pengaruh Metode Latihan Komando, Metode Latihan Eksplorasi dan Motivasi Terhadap Hasil Kemampuan Smash Atlet Junior Sepak Takraw Kabupaten Sijunjung. Masters thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_PUTRIA_HIRWANA_21199048_2175_2023.pdf

Download (688kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan smash sepak takraw atelt junior. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Latihan Komando, Metode Latihan Eksplorasi dan Motivasi Terhadap Hasil Kemampuan Smash Atlet Junior Sepak Takraw Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan ulang faktorial 2 x 2. Metode latihan sebagai variabel bebas dan motivasi adalah sebagai variabel moderator, sedangkan kemampuan smash variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini adalah Atlet Junior Sepak Takraw Kabupaten Sijunjung yang berjumlah 24 orang dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Metode pengabilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Samplel jenuh. Pengumpulan data kemampuan smash dilakukan dengan tes kemampuan smash yaitu dengan melakukan smash sebanyak 20 kali ketarget yang sudah ditentukan. Data peningkatan smash yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan statistik inferensial ANOVA 2 x 2 dua jalur (two way ANOVA ). Berdasarkan hasil analisis data dan interpretasi dari hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat peningkatan kemampuan smash sepak takraw pada metode latihan komando lebih tinggi dari pada metode latihan eksplorasi, (2) terdapat peningkatan kemampuan smash sepak takraw pada motivasi latihan tinggi memiliki perbedaan dengan motivasi latihan rendah, (3) terdapat interaksi antara metode latihan dan motivasi terhadap kemampuan smash sepak takraw, (4) terdapat perbedaan kemampuan smash sepak takraw atlet yang memiliki motivasi tinggi, lebih tinggi pada metode latihan komando dari pada metode latihan eksplorasi, (5) terdapat perbedaan kemampuan smash sepak takraw atlet yang memiliki motivasi rendah, memiliki perbedaan dengan metode latihan komando dan metode latihan eksplorasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisor. Alnedral, . AlnedralUNSPECIFIED
CorrectorKomaini, AntonUNSPECIFIED
CorrectorPadli, PadliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Latihan Komando, Eksplorasi, Motivasi, Kemampuan Smash
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:55
Last Modified: 18 Sep 2023 04:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46679

Actions (login required)

View Item View Item