Peranan Suhu Kalsinasi dalam Sintesis Katalis CaO dari Cangkang Telur Ayam Ras yang di Preparasi dengan Metanol untuk Produksi Biodiese

Farhan, Muhammad (2023) Peranan Suhu Kalsinasi dalam Sintesis Katalis CaO dari Cangkang Telur Ayam Ras yang di Preparasi dengan Metanol untuk Produksi Biodiese. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_Muhammad_Farhan_19036023_4337_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Sintesis CaO dari cangkang telur untuk produksi biodiesel dari minyak jelantah telah berhasil dilakukan. Penelitian ini bertujuanuntuk melihat potensi dari cangkang telur ayam ras sebagai sumber katalis CaO untuk produksi biodiesel. Pada penelitian ini katalis CaO disintesis melalui dua tahap, tahap pertama dilakukan proses aktivasi menggunakan methanol dalam sistem reflux selama 2 jam. Sampel kemudian dikeringkan dan dilanjutkan dengan proses kalsinasi. Katalis CaO yang dihasilkan dikarakterisasi menggunakan instrumen FTIR, XRF dan XRD lalu diaplikasikan ke minyak jelantah untuk produksi biodiesel. Aktivitas katalitik katalis ditentukan melalui uji densitas, laju alir dan bilangan asam dari biodiesel yang dihasilkan. Hasil penelitian pada karakterisasi FTIR menunjukan pada bilangan gelombang 1416 cm-1 mengalami penurunan intensitas yang muncul akibat CaCO 3 terdekomposisi menjadi CaO. Hasil karakterisasi XRD menunjang data dari FTIR bahwa CaCO 3 telah terkonversi menjadi CaO dan Ca(OH) 2 muncul karna menyerap H 2 O di udara. Karakterisasi XRF menunjukan bahwa CaO merupakan komposisi utama dari katalis yang dihasilkan. Hasil analisis dari bodiesel densitas, viskositas dan bilangan asam menunjukan nilai yang lebih optimum dibanding minyak jelantah. Hal tersebut menunjukkan adanya aktivitas katalitik dari katalis CaO cangkang telur ayam ras.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNizar, Umar KalmarUNSPECIFIED
CorrectorEtika, Sri BentiUNSPECIFIED
CorrectorAzha, MindaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:54
Last Modified: 18 Sep 2023 04:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46676

Actions (login required)

View Item View Item