Pengembangan Media Pembelajaran Museum Digital Koleksi Hasil-Hasil Kebudayaan Praaksara pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Pariaman

Suryani, Rika Agus (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Museum Digital Koleksi Hasil-Hasil Kebudayaan Praaksara pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_RIKA_AGUS_SURYANI_1804176_3748_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum adanya variasi media pembelajaran yang digunakan oleh guru sebagai sarana untuk meningkatkan pemahaman dan menganalisis hasil-hasil budaya pada masa praaksara. Tujuan penelitian ini: (1) menganalisis proses pengembangan media Museum Digital dalam pembelajaran Sejarah Indonesia. (2) mengetahui Hasil Uji Kelayakan dan Praktikalitas Produk Media Museum Digital dalam pembelajaran Sejarah Indonesia. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa teknik wawancara dan angket. Hasil penelitian: (1) tahapan pengembangan media Museum Digital yaitu : (a) tahap analysis, yaitu menganalisis permasalahan yang ada dalam pembelajaran sejarah. (b) tahap design, merancang Museum digital yaitu meringkasan materi, membuat konsep, pembuatan ilustrasi dan gambar. (c) tahap development, untuk menghasilkan media Museum Digital yang layak digunakan, dari penilaian ahli materi dan ahli media. (d) tahap implementation, pada tahap ini dilakukan uji coba Museum Digital untuk mengetahui kepraktisannya, penilaian dilakukan oleh siswa dan guru. (e) tahap evaluation, tahapan ini bertujuan untuk mengetahui kekurangan media untuk bisa diperbaiki. (2) dari segi kelayakannya menggunakan skala likert pada ahli materi diperoleh skala 3,7 (sangat layak) dan ahli media diperoleh skala 3,8 (sangat layak). (3) dari segi praktikalitas pada guru diperoleh skala 3,9 (sangat praktis) dan peserta didik diperoleh skala 3,7 (sangat praktis). Dapat disimpulkan bahwa media Museum Digital sangat layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
CorrectorAisiah, AisiahUNSPECIFIED
CorrectorHastuti, HeraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MUSEUM DIGITAL, PENGEMBANGAN ADDIE
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:52
Last Modified: 19 Sep 2023 03:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46674

Actions (login required)

View Item View Item