Pengaruh Metode Pembelajaran Deduktif, Induktif dan Kemampuan Dasar Kecerdasan Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 4 Sijunjung

Defsamirwati, Novi (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Deduktif, Induktif dan Kemampuan Dasar Kecerdasan Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 4 Sijunjung. Masters thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_NOVI_DEFSAMIRWATI_21199043_2385_2023.pdf

Download (757kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan sebelumnya belum mampu meningkatkan kemampuan berfikir dan dan motivasi peserta didik, sehingga peserta didik pasif dalam menerima pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Deduktif, Induktif dan Kemampuan Dasar Kecerdasan Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 4 Sijunjung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan ulang faktorial 2 x 2. Sampel dalam penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 4 Sijunjung yang berjumlah 32 orang peserta didik dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling. Pengumpulan data kebugaran jasmani yaitu: (1) lari 60 meter (2) gantung sikut, (3) baring duduk, (4) loncat tegak, dan (5) lari 1000 meter. Data kebugaran jasmani yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan statistic inferensial ANOVA 2 x 2 dua jalur (two way ANOVA ). Berdasarkan hasil analisis data dan interpretasi dari hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Tingkat kebugaran jasmani pada metode pembelajaran deduktif lebih rendah dari metode pembelajaran induktif p = 0,012< α = 0,05. (2) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan dasar kecerdasan terhadap tingkat kebugaran jasmani p-value = 0,000 < α = 0,05. (3) Tingkat kebugaran jasmani peserta didik yang memiliki kemampuan dasar kecerdasan tinggi, lebih rendah pada metode pembelajaran deduktif dari metode pembelajaran induktif p-value = 0,000< α = 0,05. (4) Tingkat kebugaran jasmani peserta didik yang memiliki kemampuan dasar kecerdasan rendah, memiliki perbedaan dengan metode pembelajaran deduktif dan metode pembelajaran induktif p-value = 0,000 < α = 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUmar, UmarUNSPECIFIED
CorrectorWelis, WildaUNSPECIFIED
CorrectorNeldi, HendriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Kemampuan Dasar Kecerdasan, Kebugaran Jasmani
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:21
Last Modified: 15 Sep 2023 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46651

Actions (login required)

View Item View Item