Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle Berbasis Aplikasi Puzzle Maker terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IIS di SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Putri, Novita Sari (2023) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle Berbasis Aplikasi Puzzle Maker terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IIS di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_NOVITA_SARI_PUTRI_18045058_3825_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Crossword Puzzle berbasis aplikasi Puzzle Maker terhadap hasil belajar geografi di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode true experimental design. Dengan subjek pada penelitian ini yaitu kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 3 sebagai kelas kontrol. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 60 orang. Data dalam penelitian berupa tes hasil belajar siswa kelas XI IIS. Dengan teknik pengambilan data berupa wawancara, menggunakan tes hasil belajar yaitu pretest dan posttest serta dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan ketuntasan individu, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T untuk menentukan hipotesis. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa metode Crossword Puzzle berbasis aplikasi Puzzle Maker yang diterapkan dikelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran pengelolaan sumber daya alam Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan metode Crossword Puzzle berbasis aplikasi Puzzle Maker, sebelum diterapkan metode Crossword Puzzle berbasis aplikasi Puzzle Maker pada kelas eksperimen didapatkan hasil rata-rata sebesar 50,1. Namun setelah diterapakn metode Crossword Puzzle berbasis aplikasi Puzzle Maker di kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata sebesar 82,6. Sedangkan hasil analisis data dengan menggunakan uji T diperoleh nilai thitung 4,565 > ttabel 2,048, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Crossword Puzzle berbasis aplikasi Puzzle Maker berpengaruh terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNovio, ReryUNSPECIFIED
CorrectorAfdal, AfdalUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CROSSWORD PUZZLE, HASIL BELAJAR, PUZZLE MAKER
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Sep 2023 04:07
Last Modified: 15 Sep 2023 04:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46647

Actions (login required)

View Item View Item