Pengembangan History Virtual Exhibition Sebagai Media Pembelajaran Sejarah di SMA dengan Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Kamila, Mufti (2023) Pengembangan History Virtual Exhibition Sebagai Media Pembelajaran Sejarah di SMA dengan Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_MUFTI_KAMILA_19046033_4470_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari berbagai masalah dalam pembelajaran sejarah, khususnya dalam penggunaan multimedia sebagai alat bantu dalam pembelajaran sejarah yang belum optimal dalam pengembangannya. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan history virtual exhibition sebagai media pembelajaran belajar sejarah di SMA, menganalisis kevalidan history virtual exhibition sebagai media pembelajaran sejarah di SMA dan menganalisis praktikalitas history virtual exhibition sebagai media pembelajaran sejarah di SMA. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri atas lima tahapan pengembangan, yaitu 1) analisis (analyze), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation), dan 5) evaluasi (evaluation). Instrumen penelitian disusun meliputi lembar angket yang terdiri dari lembar validitas ahli materi, lembar validitas ahli media, dan lembar praktikalitas untuk guru dan siswa. Penerapan media history virtual exhibition dilakukan kepada siswa kelas XI IPA di SMAN 12 Padang. Analisis data penelitian ini menggunakan statistik kuantitatif yang diperoleh dari pengukuran skala, yaitu Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) history virtual exhibition di rancang dengan menggunakan software Artsteps, Free3D, Sketchfab dan Canva, (2) kelayakan media history virtual exhibition berdasarkan penilaian ahli materi mendapat skor rata-rata 3.9 dengan persentase 97.5% kategori sangat valid, sedangkan hasil analisis penilaian ahli media mendapatkan skor rata-rata 3.2 dengan persentase 80% pada kategori valid. (3) Praktikalitas media history virtual exhibition secara keseluruhan pada kategori sangat praktis dengan nilai rata-rata praktisi siswa 3.58 persentase 89.5% dan praktisi guru dengan skor rata-rata 4 persentase 100%. Berdasarkan hasil validasi dan uji praktikalitas history virtual exhibition valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran sejarah di SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHastuti, HeraUNSPECIFIED
CorrectorBasri, WahidulUNSPECIFIED
CorrectorYefterson, rIDO bAYUUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH, HISTORY VIRTUAL EXHIBITION, PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:31
Last Modified: 14 Sep 2023 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46633

Actions (login required)

View Item View Item