Pengaruh Fasilitas Bengkel dan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran Praktik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Praktik Pemesinan Bubut Siswa Kelas XI di SMK Negeri 2 Sawahlunto.

Vahlefi, Reza (2023) Pengaruh Fasilitas Bengkel dan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran Praktik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Praktik Pemesinan Bubut Siswa Kelas XI di SMK Negeri 2 Sawahlunto. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_REZA_VAHLEFI_18067017_1573_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SMKN Negeri 2 Sawahlunto mempunyai sarana fasilitas bengkel yang cukup memadai untuk menunjang proses belajar mengajar. Akan tetapi terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswanya antara lain beberapa mesin perkakas yang rusak, tidak pedulinya siswa terhadap keselamatan mesin dan kurang tegasnya guru dalam mengajari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas bengkel dan peran guru dalam proses pembelajaran praktik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran praktik pemesinan bubut kelas XI di SMK Negeri 2 Sawahlunto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post facto pendekatan kuantitatif buat mencari ikatan variabel yang sudah terjalin serta tidak membagikan perlakuan terhadap variabel yang diteliti. Variabel pada penelitian ini fasilitas bengkel (X1), peran guru (X2) dan hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 49 Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi nilai rapor akhir semester siswa. Teknik analisis data data dalam penelitian ini berupa uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini berupa uji normalitas dan linieritas sedangkan uji hipotesis dengan menggunakan ujiT dan Uji F. Hasil penelitian ini fasilitas bengkel terdapat pengaruh dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran praktik pemesinan bubut dengan nitai t hitung 3,689 > t tabel 1,6787 sedangkan peran guru tidak terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran praktik pemesinan bubut dengan nilai t hitung -5,156 < t tabel 1,6787. Fasilitas bengkel dan peran guru terdapat pengaruh secara simultan terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien diterminasi 29,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahri, BudiUNSPECIFIED
CorrectorPrasetya, FebriUNSPECIFIED
CorrectorWulansari, Rizky EmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BENGKEL, GURU, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Sep 2023 06:36
Last Modified: 14 Sep 2023 06:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46628

Actions (login required)

View Item View Item