Analisis Kecepatan Gelombang Seismik Menggunakan Metode Seismik Refraksi pada Lapisan Tanah Dangkal di Segmen Sianok Bukittinggi

Pratama, Gion Febriandes (2023) Analisis Kecepatan Gelombang Seismik Menggunakan Metode Seismik Refraksi pada Lapisan Tanah Dangkal di Segmen Sianok Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Gion_Febriandes_Pratama_18034080_4442_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kota Bukittinggi merupakan daerah yang terletak di sesar aktif sumatera. Sesar Sumatera tercipta karena adanya lempeng Indo-Australia yang menabrak bagian barat Pulau Sumatera secara miring, hingga menyebabkan adanya tekanan. Tekanan yang disebabkan oleh hal tersebut dikenal dengan “The Great Sumatran Fault” yang membelah Pulau Sumatera. Salah satu sesar aktif sumatera adalah segmentasi Sianok. Selain berada di wilayah rawan gempa, Kota Bukittinggi juga menjadi daerah yang berada pada aktivitas vulkanik, karena diapit oleh beberapa gunung berapi. Oleh karena itu dilakukan penelitian di Kecamatan Guguak Panjang, Kota Bukittinggi untuk mengetahui struktur bawah permukaan tanah dangkal menggunakan rambatan gelombang seismik. Untuk mengetahui struktur bawah permukaan dapat menggunakan metode seismik refraksi. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif, proses pengambilan data gelombang seismik dengan menggunakan alat seismograph Sysmatrack MAE, Geophone, Palu dan Lempengan Seismik di kecamatan Koto Tangah, Kota Bukittinggi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan bentuk lintasan inline dengan source forward, source middle, dan source reverse. Akuisisi data seismik menggunakan metode intercept time dengan interpretasi struktur bawah permukaan. Dan menggunakan metode time term inverstion untuk mengetahui kecepatan perambatan gelombang seismik pada lapisan bawah permukaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini pada kecamatan guguak panjang, Kota Bukittinggi merupakan daerah yang memiliki struktur bawah permukaan yang rapuh. Data kecepatan gelombang seismik pada beberapa lapisan memiliki nilai yang kecil, yang merupakan struktur rapuh dangan kedalaman 10m – 40 m.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafrian, SyafrianUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorDwiridal, LetmiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:53
Last Modified: 14 Sep 2023 03:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46618

Actions (login required)

View Item View Item