Renaldi, Renaldi
(2022)
Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Geografi di SMAN 2 Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Zaman sekarang ini, ilmu pengetahuan serta teknologi berdampak terhadap dunia Pendidikan. Guru dituntut untuk menggunakan model yang efektif dengan menggunakan teknologi. Salah satu model yang menerapkan teknologi dalam pengajarannya adalah model flipped classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped class room terhadap hasil belajar geografi di SMAN 2 Bukittinggi. Dengan menggunakan metode eksperimen berupa model quasiexperi mental. Subjek penelitian yaitu kelas X. IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelasX.IPS sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling.
Datadalam penelitian berupa tes hasil belajar siswa kelas X.IPS. Dengan Teknik pengambilan data berupa wawancara, menggunakan tes hasil belajar yaitu Pre-test dan Post-test serta dokumentasi. Pengolahan data menggunakan ketuntasan individu, uji normalitas, uji homogenitas beserta uji T untuk menentukan hipotesis.
Hasil dalam penelitian ini terdapat peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan rata-rata, kelas eksperimen di dapatkan hasil 82,21,kelas kontrol didapatkan hasil 68,43. Berdasarkan analisis efektifitas menggunakan Nilai Gain, didapatkan hasil nilai efektifitas kelas eksperimen sebesar 67%, dan model flipped classroom cukup efektif sedangkan untukdi kelas kontrol didapatkan nilai efektifitas 46% ,model konvensional kurang efektif
Actions (login required)
|
View Item |