Rahmadhana, Elda
(2023)
Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika
pada Rumah Kajang Lako Jambi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Matematika dan budaya adalah sesuatu yang tidak terlepas dari kehidupan
sehari-hari. Dalam proses pembelajaran matematika pun tidak dapat dipungkiri
bahwa budaya memiliki peran yang sangat penting. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu
pendekatan dalam pembelajaran matematika yang mampu menghubungkan antara
matematika dengan budaya di sekitar peserta didik, salah satunya yaitu dengan
etnomatematika. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh pendidik untuk
menerapkan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika, salah satunya
yaitu dengan cara mengembangkan LKPD berbasis etnomatematika. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas fundamental matematis yang
terdapat pada Rumah Kajang Lako Jambi dan menghasilkan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) berbasis Etnomatematika yang valid.
Penelitian ini merupakan kombinasi antara penelitian kualitatif dan
pengembangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah
pendekatan etnografi. Sedangkan pengembangan perangkat pembelajaran dalam
penelitian ini mengadopsi model pengembangan yang digagas oleh Tjeerd Plomp
yang terdiri dari tahap: (1) fase investigasi awal (preliminary phase), (2) fase
pengembangan (prototyping phase), (3) fase penilaian (asessment phase), namun
pada penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap validasi ahli pada fase
pengembangan. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara,
dokumentasi, catatan lapangan, dan angket.
Hasil penelitian ini mendeskripsikan aktivitas fundamental matematis pada
Rumah Kajang Lako dan hasil analisis data validitas LKPD yang dikembangkan.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat 5 aktivitas fundamental
matematis dari 6 aktivitas menurut Bishop pada Rumah Kajang Lako, diantaranya
yaitu membilang (counting), menentukan lokasi (locating), mengukur (measuring),
merancang (designing), dan menjelaskan (explaining). Dari aktivitas yang telah
diperoleh tersebut, kemudian diambil suatu materi untuk dikembangkan menjadi
sebuah LKPD. Materi yang diambil untuk dikembangkan menjadi LKPD yaitu
mengenai bangun ruang sisi datar. Konteks pada LKPD yang dikembangkan
berkaitan dengan bagian pada Rumah Kajang Lako yang berbentuk bangun ruang
sisi datar yang terdapat pada aktivitas merancang (designing). Berdasarkan analisis
data menunjukkan validitas dari hasil pengembangan LKPD diperoleh dengan ratarata
80,47%
yang
dikategorikan
valid.
Sehingga
dapat
disimpulkan
LKPD
tersebut
sudah
memenuhi
kriteria
valid
dari
segi
isi
dan konstruk.
Actions (login required)
|
View Item |