Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika pada Rumah Kajang Lako Jambi

Rahmadhana, Elda (2023) Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika pada Rumah Kajang Lako Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Elda_Rahmadhana_19029017_4831_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Matematika dan budaya adalah sesuatu yang tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. Dalam proses pembelajaran matematika pun tidak dapat dipungkiri bahwa budaya memiliki peran yang sangat penting. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu pendekatan dalam pembelajaran matematika yang mampu menghubungkan antara matematika dengan budaya di sekitar peserta didik, salah satunya yaitu dengan etnomatematika. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh pendidik untuk menerapkan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika, salah satunya yaitu dengan cara mengembangkan LKPD berbasis etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas fundamental matematis yang terdapat pada Rumah Kajang Lako Jambi dan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Etnomatematika yang valid. Penelitian ini merupakan kombinasi antara penelitian kualitatif dan pengembangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah pendekatan etnografi. Sedangkan pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini mengadopsi model pengembangan yang digagas oleh Tjeerd Plomp yang terdiri dari tahap: (1) fase investigasi awal (preliminary phase), (2) fase pengembangan (prototyping phase), (3) fase penilaian (asessment phase), namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap validasi ahli pada fase pengembangan. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan angket. Hasil penelitian ini mendeskripsikan aktivitas fundamental matematis pada Rumah Kajang Lako dan hasil analisis data validitas LKPD yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat 5 aktivitas fundamental matematis dari 6 aktivitas menurut Bishop pada Rumah Kajang Lako, diantaranya yaitu membilang (counting), menentukan lokasi (locating), mengukur (measuring), merancang (designing), dan menjelaskan (explaining). Dari aktivitas yang telah diperoleh tersebut, kemudian diambil suatu materi untuk dikembangkan menjadi sebuah LKPD. Materi yang diambil untuk dikembangkan menjadi LKPD yaitu mengenai bangun ruang sisi datar. Konteks pada LKPD yang dikembangkan berkaitan dengan bagian pada Rumah Kajang Lako yang berbentuk bangun ruang sisi datar yang terdapat pada aktivitas merancang (designing). Berdasarkan analisis data menunjukkan validitas dari hasil pengembangan LKPD diperoleh dengan ratarata 80,47% yang dikategorikan valid. Sehingga dapat disimpulkan LKPD tersebut sudah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:22
Last Modified: 13 Sep 2023 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46580

Actions (login required)

View Item View Item