Optimasi Formulasi Konsorsium Bakteri Termofilik dari Sumber Air Panas Sapan Sungai Aro Secara Trikultur dalam Memproduksi Xilanase

Yeriska, Feby (2023) Optimasi Formulasi Konsorsium Bakteri Termofilik dari Sumber Air Panas Sapan Sungai Aro Secara Trikultur dalam Memproduksi Xilanase. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_FEBY_YERISKA_19032065_3601_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Enzim xilanase adalah enzim yang mampu menghidrolisis xilan dan telah diaplikasikan dalam berbagai industri, seperti industri pengolahan kertas dan pulp, pemurnian jus, pengolahan pakan ternak, biostoning, pengolahan air limbah, serta produksi bioetanol. Xilanase dapat diperoleh dari mikroorganismse, salah satunya bakteri termofilik. Karakteristik bakteri termofilik yang tahan terhadap suhu tinggi, minim kontaminasi serta dapat menghasilkan enzim termostabil menjadi potensi yang cukup menjanjikan bagi industri enzim. Pemanfaatan bakteri termofilik dalam bentuk konsorsium mampu meningkatkan produksi enzim xilanase dibandingkan monokultur dengan memperhatikan kompatibilitas antar bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kompatibilitas konsorsium bakteri termofilik dari Sumber Air Panas Sapan Sungai Aro dan menentukan formulasi konsorsium bakteri termofilik trikultur yang optimum dalam memproduksi xilanase. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan bakteri termofilik dari Sumber Air Panas Sapan Sungai Aro (SSA), yaitu isolat SSA2, SSA3, SSA4, dan SSAS6. Pada uji kompatibilitas dilakukan metode disk diffusion, yaitu pada formulasi konsorsium SSA2 & SSA3; SSA2 & SSA4; SSA2 & SSAS6; SSA3 & SSA4; SSA3 & SSAS6; dan SSA4 & SSAS6. Pengujian aktivitas enzim dilakukan menggunakan reagen DNS (Dinitrosalycylic Acid) pada variasi konsorsium trikultur, yaitu SSA2, SSA3, SSA4; SSA2, SSA3, SSAS6; SSA2, SSA4, SSAS6; dan SSA3, SSA4, SSAS6. Hasil penelitian terhadap uji kompatibilitas bakteri menunjukkan seluruh variasi isolat bakteri termofilik saling kompatibel dengan tidak terbentuknya zona bening dan hasil produksi enzim tertinggi pada formulasi konsorsium trikultur diperoleh pada variasi isolat SSA2, SSA3, SSA4 sebesar 10,01 U/mL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrdawati, IrdawatiUNSPECIFIED
CorrectorAdvinda, LindaUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:20
Last Modified: 13 Sep 2023 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46578

Actions (login required)

View Item View Item