Noer, Fadhlina
(2023)
Desain Bahan Ajar Fisika Berbasis Konflik Kognitif
Mengintegrasikan Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Pemahaman
Konsep Siswa pada Materi Fenomena Kuantum.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Keterampilan abad 21 sangat dibutuhkan untuk memasuki era globalisasi
yang ditandai dengan kemudahan dalam mengakses teknologi sehingga
menyebabkan informasi tersebar secara cepat dan luas. Agar dapat menganalisis
informasi pada teknologi dalam Pendidikan kurikulum 2013 menuntut siswa untuk
dapat menguasai kemampuan pemahaman konsep. Namun, pada kenyataannya
kemampuan siswa dalam memahami konsep masih tergolong rendah. Salah satu
solusi dari permasalahan adalah mendesain bahan ajar fisika berbasis konflik
kognitif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Tujuan dari penelitian ini
adalah menentukan validitas dari desain bahan ajar Fisika berbasis konflik kognitif.
Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian Design/Development
Research menggunakan model Plomp. Tetapi, pada penelitian ini dibatasi pada
tahap Preliminary Research dan Prototype Phase. Tahap pertama yaitu Preliminary
Research dengan melakukan analisis kebutuhan dan konteks dengan melakukan
analisis jurnal dan wawancara dengan guru fisika di sekolah serta kajian literatur
yang terkait dengan penelitian. Tahap kedua Prototype Phase yaitu tahap
pengembangan dengan membuat desain bahan ajar, melakukan validasi oleh
peneliti (self-validation) dan validasi oleh tenaga ahli (experts-validation).
Hasil tahap Preliminary Research peneliti mendapatkan bahwa pada
pembelajaran fisika masih banyak terjadi miskonsepsi, tidak ada bahan ajar yang
mengintegrasi model dan kurangnya panduan untuk melakukan virtual
laboratorium. Hasil tahap Prototype Phase peneliti mendapatkan desain bahan ajar
berbasis konflik kognitif yang dikembangkan telah melewati uji self-validation
sehingga bahan ajar dinyatakan lengkap sesuai panduan pengembangan bahan ajar
dengan Depdiknas 2008 dan experts-validation yang dinilai berdasarkan instrumen
validasi dengan komponen yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan
bahasa dan kelayakan grafik dengan tingkat validitas sangat valid dengan nilai ratarata
dari
ke
4
indikator
adalah
sebesar
0,88.
Dengan
perolehan
nilai
tersebut
maka
desain
bahan
ajar
fisika
berbasis
konflik
kognitif
dinyatakan
dapat
dilanjutkan
pada
tahap
penelitian praktikalitas dan efektifitas sehingga layak digunakan dalam
pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |