Desain Bahan Ajar Fisika Berbasis Konflik Kognitif Mengintegrasikan Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fenomena Kuantum

Noer, Fadhlina (2023) Desain Bahan Ajar Fisika Berbasis Konflik Kognitif Mengintegrasikan Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fenomena Kuantum. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_FADHLINA_NOER_16033049_4968_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Keterampilan abad 21 sangat dibutuhkan untuk memasuki era globalisasi yang ditandai dengan kemudahan dalam mengakses teknologi sehingga menyebabkan informasi tersebar secara cepat dan luas. Agar dapat menganalisis informasi pada teknologi dalam Pendidikan kurikulum 2013 menuntut siswa untuk dapat menguasai kemampuan pemahaman konsep. Namun, pada kenyataannya kemampuan siswa dalam memahami konsep masih tergolong rendah. Salah satu solusi dari permasalahan adalah mendesain bahan ajar fisika berbasis konflik kognitif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan validitas dari desain bahan ajar Fisika berbasis konflik kognitif. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian Design/Development Research menggunakan model Plomp. Tetapi, pada penelitian ini dibatasi pada tahap Preliminary Research dan Prototype Phase. Tahap pertama yaitu Preliminary Research dengan melakukan analisis kebutuhan dan konteks dengan melakukan analisis jurnal dan wawancara dengan guru fisika di sekolah serta kajian literatur yang terkait dengan penelitian. Tahap kedua Prototype Phase yaitu tahap pengembangan dengan membuat desain bahan ajar, melakukan validasi oleh peneliti (self-validation) dan validasi oleh tenaga ahli (experts-validation). Hasil tahap Preliminary Research peneliti mendapatkan bahwa pada pembelajaran fisika masih banyak terjadi miskonsepsi, tidak ada bahan ajar yang mengintegrasi model dan kurangnya panduan untuk melakukan virtual laboratorium. Hasil tahap Prototype Phase peneliti mendapatkan desain bahan ajar berbasis konflik kognitif yang dikembangkan telah melewati uji self-validation sehingga bahan ajar dinyatakan lengkap sesuai panduan pengembangan bahan ajar dengan Depdiknas 2008 dan experts-validation yang dinilai berdasarkan instrumen validasi dengan komponen yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan grafik dengan tingkat validitas sangat valid dengan nilai ratarata dari ke 4 indikator adalah sebesar 0,88. Dengan perolehan nilai tersebut maka desain bahan ajar fisika berbasis konflik kognitif dinyatakan dapat dilanjutkan pada tahap penelitian praktikalitas dan efektifitas sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorDwiridal, LetmiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:51
Last Modified: 13 Sep 2023 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46576

Actions (login required)

View Item View Item