Optimasi Adsorpsi Ion Logam Ni 2+ Menggunakan Silika Gel-GPTMS Termodifikasi Sulfonat Sulfonate-Modified Silica Gel-GPTMS

Ramadhani, Dwi (2023) Optimasi Adsorpsi Ion Logam Ni 2+ Menggunakan Silika Gel-GPTMS Termodifikasi Sulfonat Sulfonate-Modified Silica Gel-GPTMS. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_Dwi_Ramadhani_19036065_4353_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Silika gel adalah senyawa yang memiliki dua sisi aktif yaitu silanol (SiOH) dan siloksan (Si-O-Si) yang belum efektif sebagai adsorben sehingga dilakukan modifikasi. Silika gel dimodifikasi menggunakan senyawa garam mononatrium 4-Amino-5-hydroxy-2,7-naphthalenedisulfonic acid yang direaksikan terlebih dahulu dengan GPTMS (glycidoxypropyltrimethoxysilane) sebagai jembatan penghubung menghasilkan adsorben silika gel-GPTMS termodifikasi sulfonat. Tujuan dari modifikasi ini adalah silika gel-GPTMS termodifikasi sulfonat dibuat untuk mengadsorpsi ion logam Ni 2+ dengan kondisi optimum pada pH, waktu kontak dan konsentrasi. Proses adsorpsi dilakukan menggunakan metode batch dengan melihat seberapa besar kapasitas adsorpsi adsorben yang dibuat terhadap penyerapan ion logam. Karakterisasi yang digunakan adalah spektrofotometer FTIR (Fourier Transform-Infrared) pada analisa proses pembuatan adsorben dan SSA (Spektrofotometri Serapan Atom) untuk melihat hasil penyerapan ion logam. Hasil yang didapat sesuai penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adsorpsi silika gel-GPTMS termodifikasi sulfonat terhadap penyerapan ion logam Ni 2+ pada kondisi optimum adalah pada pH 3, waktu kontak selama 45 menit dan konsentrasi larutan 20 mg/L. Perbandingan kapasitas penyerapan ion logam Ni 2+ terlihat lebih besar setelah dimodifikasi dibandingan sebelum dimodifikasi dengan kapasitas serapan sebelum dimodifikasi sebesar 1,1823 mg/g pada persentase serapan 28,15%, sedangkan setelah dimodifikasi kapasitas serapannya sebesar 3,0664 mg/g pada pesrsentase serapan 73,01%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOktavia, BudhiUNSPECIFIED
CorrectorEtika, Sri BentiUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:42
Last Modified: 13 Sep 2023 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46570

Actions (login required)

View Item View Item