Pengembangan Modul Berbasis Think, Pair, and Share (TPS) pada Materi Kimia Hijau (Green Chemistry) dalam Kehidupan Sehari-hari

Suci, Delsya Helvira (2023) Pengembangan Modul Berbasis Think, Pair, and Share (TPS) pada Materi Kimia Hijau (Green Chemistry) dalam Kehidupan Sehari-hari. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Delsya_Helvira_Suci_19035011_4877_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena menurut peserta didik materi kimia hijau merupakan materi yang sulit. Hal ini ditunjukkan dengan hasil angket dimana sebanyak 81% peserta didik menyatakan materi kimia hijau merupakan materi yang sulit. Selain itu juga belum tersedianya modul berbasis Think, Pair and Share (TPS) pada materi kimia hijau (green chemistry) dalam kehidupan sehari-hari menjadi alasan mengapa penelitian ini dilakukan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berupa modul berbasis Think, Pair, and Share (TPS) pada materi kimia hijau (green chemistry) dalam kehidupan sehari-hari yang valid dan praktis. Tujuan penelitian adalah menghasilkan modul berbasis Think, Pair, and Share (TPS) pada materi kimia hijau (green chemistry) dalam kehidupan sehari-hari serta menentukan kevalidan dan kepraktikalitasan modul. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian research and development (R&D) model 4-D. Model penelitian ini memiliki 4 Tahap yaitu (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), (4) disseminate (penyebaran). Namun penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap develop (pengembangan) karena keterbatasan waktu dan biaya. Data hasil penelitian dianalisis dengan formula Aiken`s V Analisis angket uji validitas oleh 3 orang dosen dan 2 orang guru kimia didapatkan hasil bahwa modul berbasis Think, Pair, and Share (TPS) pada materi kimia hijau (green chemistry) dalam kehidupan sehari-hari sudah valid (0,83). Hasil analisis angket praktikalitas yang diberikan kepada 3 orang guru kimia memiliki kategori sangat praktis (91,13%) dan hasil analisis angket yang diberikan kepada 61 orang peserta didik Fase E memiliki kategori sangat praktis (92,5%)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZainul, RahadianUNSPECIFIED
CorrectorMawardi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorParbuntari, HestyUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:12
Last Modified: 12 Sep 2023 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46547

Actions (login required)

View Item View Item