Suci, Delsya Helvira
(2023)
Pengembangan Modul Berbasis Think, Pair, and Share
(TPS) pada Materi Kimia Hijau (Green Chemistry) dalam
Kehidupan Sehari-hari.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena menurut peserta didik materi kimia hijau
merupakan materi yang sulit. Hal ini ditunjukkan dengan hasil angket dimana
sebanyak 81% peserta didik menyatakan materi kimia hijau merupakan materi yang
sulit. Selain itu juga belum tersedianya modul berbasis Think, Pair and Share (TPS)
pada materi kimia hijau (green chemistry) dalam kehidupan sehari-hari menjadi
alasan mengapa penelitian ini dilakukan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah
menghasilkan bahan ajar berupa modul berbasis Think, Pair, and Share (TPS) pada
materi kimia hijau (green chemistry) dalam kehidupan sehari-hari yang valid dan
praktis.
Tujuan penelitian adalah menghasilkan modul berbasis Think, Pair, and Share
(TPS) pada materi kimia hijau (green chemistry) dalam kehidupan sehari-hari serta
menentukan kevalidan dan kepraktikalitasan modul. Penelitian ini dilakukan
menggunakan metode penelitian research and development (R&D) model 4-D. Model
penelitian ini memiliki 4 Tahap yaitu (1) define (pendefinisian), (2) design
(perancangan), (3) develop (pengembangan), (4) disseminate (penyebaran). Namun
penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap develop (pengembangan) karena
keterbatasan waktu dan biaya. Data hasil penelitian dianalisis dengan formula Aiken`s
V
Analisis angket uji validitas oleh 3 orang dosen dan 2 orang guru kimia
didapatkan hasil bahwa modul berbasis Think, Pair, and Share (TPS) pada materi
kimia hijau (green chemistry) dalam kehidupan sehari-hari sudah valid (0,83). Hasil
analisis angket praktikalitas yang diberikan kepada 3 orang guru kimia memiliki
kategori sangat praktis (91,13%) dan hasil analisis angket yang diberikan kepada 61
orang peserta didik Fase E memiliki kategori sangat praktis (92,5%)
Actions (login required)
|
View Item |