Pengembangan Buku Ajar untuk Menunjang Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Materi Pengenalan Ilmu Kimia Fase E SMA/MA

Mardatilla, Annisa (2023) Pengembangan Buku Ajar untuk Menunjang Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Materi Pengenalan Ilmu Kimia Fase E SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Annisa_Mardatilla_19035066_4173_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pemegang kebijakan melakukan pengembangan berbagai konsep perubahan kurikulum sesuai kondisi setelah pandemi Covid-19. Mulai dari kurikulum 2013 darurat yang disederhanakan sampai kepada penyesuaian kurikulum prototipe yang sekarang dikenal dengan kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil observasi lapangan, pada materi pengenalan ilmu kimia masih menggunakan buku kurikulum 2013 dan buku tahun sebelumnya, selain itu buku yang tersedia belum cukup untuk meningkatkan minat dan pemahaman peserta didik dalam belajar kimia karena kurang multi representasi kimia, apalagi tidak semua siswa pada fase E berminat untuk mengambil mata pelajaran pilihan kimia pada fase F. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengungkapkan validitas dan tingkat praktikalitas buku ajar untuk menunjang pembelajaran kurikulum merdeka pada materi pengenalan ilmu kimia fase E SMA/MA. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian EDR (educational design research) atau desain penelitian pendidikan dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian ini adalah dosen kimia FMIPA UNP, guru kimia SMAN 8 Padang, dan peserta didik fase F SMAN 8 Padang. Validitas dilakukan oleh dosen dan guru, evaluasi perorangan oleh peserta didik, serta praktikalitas melalui uji kelompok kecil oleh peserta didik dan guru. Instrumen pengumpulan data berupa angket validitas dan angket praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa buku ajar dapat dikembangkan dan terbukti valid dengan rata-rata validitas 0,87 dan sangat praktis pada uji praktikalitas guru dan peserta didik dengan rata-rata praktikalitas 94,05% dan 94,71%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa buku ajar ini valid dan praktis sebagai alternatif bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMawardi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:59
Last Modified: 11 Sep 2023 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46514

Actions (login required)

View Item View Item