Mardatilla, Annisa
(2023)
Pengembangan Buku Ajar untuk Menunjang
Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Materi
Pengenalan Ilmu Kimia Fase E SMA/MA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pemegang kebijakan melakukan pengembangan berbagai konsep
perubahan kurikulum sesuai kondisi setelah pandemi Covid-19. Mulai dari
kurikulum 2013 darurat yang disederhanakan sampai kepada penyesuaian
kurikulum prototipe yang sekarang dikenal dengan kurikulum merdeka.
Berdasarkan hasil observasi lapangan, pada materi pengenalan ilmu kimia masih
menggunakan buku kurikulum 2013 dan buku tahun sebelumnya, selain itu buku
yang tersedia belum cukup untuk meningkatkan minat dan pemahaman peserta
didik dalam belajar kimia karena kurang multi representasi kimia, apalagi tidak
semua siswa pada fase E berminat untuk mengambil mata pelajaran pilihan kimia
pada fase F. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengungkapkan
validitas dan tingkat praktikalitas buku ajar untuk menunjang pembelajaran
kurikulum merdeka pada materi pengenalan ilmu kimia fase E SMA/MA.
Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian EDR (educational design
research) atau desain penelitian pendidikan dengan menggunakan model
pengembangan Plomp. Subjek penelitian ini adalah dosen kimia FMIPA UNP,
guru kimia SMAN 8 Padang, dan peserta didik fase F SMAN 8 Padang. Validitas
dilakukan oleh dosen dan guru, evaluasi perorangan oleh peserta didik, serta
praktikalitas melalui uji kelompok kecil oleh peserta didik dan guru. Instrumen
pengumpulan data berupa angket validitas dan angket praktikalitas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa buku ajar dapat
dikembangkan dan terbukti valid dengan rata-rata validitas 0,87 dan sangat praktis
pada uji praktikalitas guru dan peserta didik dengan rata-rata praktikalitas 94,05%
dan 94,71%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa buku ajar ini valid dan
praktis sebagai alternatif bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru dan peserta
didik.
Actions (login required)
|
View Item |