Analisis Penempatan Gedung Evakuasi Vertikal.(Shelter) Tsunami Berdasarkan Jumlah dan .Lokasi Shelter ( Studi Kasus : Kecamatan Koto.Tangah)

Faisal, Muhammad (2023) Analisis Penempatan Gedung Evakuasi Vertikal.(Shelter) Tsunami Berdasarkan Jumlah dan .Lokasi Shelter ( Studi Kasus : Kecamatan Koto.Tangah). Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_MUHAMMAD_FAISAL_19323107_4544_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang yaitu Kecamatan Koto Tangah merupakan kecamatan yang sebagian daerahnya terletak di pesisir pantai, sehingga rawanakan bencana tsunami. Jumlah shelter tsunami yang ada di daerah zona merah Kecamatan Koto Tangah masih sangat sedikit serta banyaknya paparan (exsposure) di Zona merah tsunami Kecamatan Koto Tangah. Bencana ini tidak dapat diprediksi serta dapat terjadi kapan saja. Berdasakan data wawancara dengan BPBD Kota Padang, Kecamatan Koto Tangah hanya memiliki 3 shelter resmi dengan luas wilayah dan penduduk terbanyak di Kota Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jangkauan pelayanan dari shelter tsunami Kecamatan Koto Tangah saat ini. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini yang dibahas adalah jumlah dan lokasi shelter serta menentukan lokasi dari shleter tsunami rencana serta untuk mengetahui cakupan area yang dapat dilayani shelter tersebut dengan bantuan aplikasi ArcGIS. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil analisis data berupa : (1) Terdapat 9 kelurahan yang berada di zona merah tsunami Kecamatan Koto Tangah yang masuk kategori tidak terlayani oleh shelter resmi yaitu Kel. Padang Sarai, Kel. Batipuh Panjang, Kel. Lubuk Buaya, Kel. Pasia Nan Tigo, Kel. Batang Kabung Ganting, Kel. Koto Pulai, Kel. Koto Panjang Ikua Koto, Kel Dadok Tunggul Hitam, dan sebagian di Kel. Parupuk Tabing. (2) Shelter rencana dan titik horizontal yang dianalisis didapatkan bahwa seluruh daerah zona merah Koto Tangah dapat di layani oleh shleter dan shelter rencana pada rentang waktu 34,5 menit dengan jarak 1554,57 m artinya masyarakat yang berada di zona merah tsunami dapat melakukan evakuasi dengan aman sebelum bencana tsunami datang. (3) Perlu penambahan 6 shelter rencana di Kel. Padang Sarai, Kel. Lubuk Buaya, Kel. Pasie Nan Tigo, Kel.Batang Kabung Ganting, dan Kel. Parupuk Tabing dengan masing-masing ketinggian shelter rencana yaitu 8,2 meter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAshar, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorRifwan, FitraUNSPECIFIED
CorrectorAndreas, Laras OktaviaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SHELTER, TSUNAMI, APLKASI ArcGIS.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:42
Last Modified: 11 Sep 2023 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46508

Actions (login required)

View Item View Item