Analisis Kesiapan Remaja untuk Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di Desa Kayu Elang Kecamatan Semidang Alas Kabupaten Seluma

Nurrahmah, Hestri Azizah (2023) Analisis Kesiapan Remaja untuk Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di Desa Kayu Elang Kecamatan Semidang Alas Kabupaten Seluma. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_HESTRI_AZIZAH_NURRAHMAH_19045132_3569_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Kesiapan internal remaja untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Desa Kayu Elang Kecamatan Semidang Alas Kabupaten Seluma, (2) Kesiapan eksternal remaja untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Desa Kayu Elang Kecamatan Semidang Alas Kabupaten Seluma. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Kayu Elang, Kecamatan Semidang Alas, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Sebanyak 6 orang remaja kelas XII dipilih menjadi informan penelitian dengan berlandaskan pada kriteria-kriteria tertentu. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut kemudian di cek keabsahannya melalui triangulasi sumber. Selanjutnya, dilakukan analisis dengan teknik kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verification). Hasil penelitian menunjukkan: (1) kesiapan internal remaja untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tergolong belum siap di Desa Kayu Elang Kecamatan Semidang Alas Kabupaten Seluma. Hal itu dikarenakan kondisi fisik, inteligensi, mental, motivasi, dan emosional sudah memiliki kesiapan namun belum cukup optimal. (2) kesiapan eksternal remaja untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tergolong belum siap di Desa Kayu Elang Kecamatan Semidang Alas Kabupaten Seluma. Hal itu dikarenakan kondisi ekonomi dan perlengkapan sudah memiliki kesiapan namun belum cukup optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMariya, SriUNSPECIFIED
CorrectorRahmaneli, RahmaneliUNSPECIFIED
CorrectorAfdhal, AfdhalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANALISIS KESIAPAN REMAJA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:15
Last Modified: 11 Sep 2023 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46507

Actions (login required)

View Item View Item