Pengembangan E-Komik sebagai Media dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Keamanan Pangan Kelas X Tata Boga SMK Nusatama Padang.

Maswati, Maswati (2023) Pengembangan E-Komik sebagai Media dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Keamanan Pangan Kelas X Tata Boga SMK Nusatama Padang. Skripsi thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7.05_MASWATI_21138078_2308_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi terhadap pembelajaran Keamanan Pangan, permasalahan yang ditemukan bahwa guru mengalami kesulitan dalam menyampaika nmateri karena siswa yang cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran daring serta media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi,monoton dan masih berpusat pada guru sehingga rendahnya minat belajar dan menurunnya hasil belajar siswa selama pembelajaran daring pada mata pelajaran Keamanan Pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-komik pada mata pelajaran Keamanan Pangan yang valid, praktis,danefektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (four-D),yaitu define (tahappendefinisian), design (tahap perancangan), develop (tahap pengembangan), dan disseminate (tahap penyebaran). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket yang digunakan untuk mengukur validitas dan praktikalitas.Sedangkan untuk mengukur efektifitas menggunakan instrumen tes berupa soalpilihan ganda. Populasi penelitian adalah siswa SMK Nusatama Padang jurusan Tata Boga kelas X. Data diperoleh melalui observasi, dan lembar angket, teknikanalisis data menggunakan pretest dan posttest. Media pembelajaran e-komik inidibuat dengan menggunakan Adobe Ilustrator Cc 2021, Medibang, Clip StudioPaint,AdobePhotoshop. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Validitas media pembelajaran (0,84) dengan kategori valid dan pada validasi materi media (0,83),dengan kategori valid,2)Praktikalitasmediaberdasarkan respon guru (86,43%) dan berdasarkan responsiswa (81,25%),3) Efektifitas media pembelajaran e-komik ini dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajarsiswa berdasarkan uji t, dengan nilai t-hitung 9,23 dan t-tab 2,01. Sebuah media pembelajaran e-komik pada mata pelajaran Keamanan Pangan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFaridah, AnniUNSPECIFIED
CorrectorYuliana, YulianaUNSPECIFIED
CorrectorIrfan, DedyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: EVALUASI PROGRAM, MEDIA PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN DARING
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:18
Last Modified: 11 Sep 2023 01:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46500

Actions (login required)

View Item View Item