Pola Pengelolaan yang Efektif pada Objek Wisata Pantai Carocok dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Sekitar Objek Wisata

Azizah, Siti Nur (2023) Pola Pengelolaan yang Efektif pada Objek Wisata Pantai Carocok dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Sekitar Objek Wisata. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Siti_Nur_Azizah_18053133_733_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan pola pengelolaan yang efektif pada objek wisata Pantai Carocok. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Informan penelitian ditentukan menggunakan teknik snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Untuk menguji keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan objek wisata Pantai Carocok sudah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, akan tetapi belum optimal. Hal ini dilihat berdasarkan permasalahan yang terjadi pada objek wisata Pantai Carocok, seperti kurangnya kebersihan, pungutan liar, pedagang kurang tertata dengan baik dan harga barang yang relatif mahal. Untuk itu dibutuhkan pola pengelolaan yang efektif pada objek wisata Pantai Carocok. Adapun cara yang dapat dilakukan (1) memperbaiki penataan objek Wisata Pantai Carocok, (2) membuat pintu masuk dan keluar objek wisata, (3) membuat jadwal kunjungan wisata, (4) melengkapi sarana penunjang keberlangsungan kegiatan wisata, (5) meningkatkan kinerja petugas keamanan wisata (6) melaksanakan pelatihan-pelatihan sadar wisata, (7) melibatkan dinas-dinas terkait dalam pengelolaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrianto, AgusUNSPECIFIED
CorrectorMarna, Jean ElikalUNSPECIFIED
CorrectorYuhendri, L.VUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:38
Last Modified: 08 Sep 2023 06:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46496

Actions (login required)

View Item View Item