Analisis Penggunaan Beberapa Tipe Lampu Utama Sepeda Motor terhadap Intensitas Cahaya.

Rizal, M. Abdi (2023) Analisis Penggunaan Beberapa Tipe Lampu Utama Sepeda Motor terhadap Intensitas Cahaya. Diploma thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_10_M. ABDI_RIZAL_16073085_1483_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan lampu utama sepeda motor terhadap intensitas cahaya yang dihasilkan oleh sepeda motor Satria FU 150 dengan menggunakan tiga tipe lampu yaitu lampu standar (pijar), lampu LED dan lampu halogen. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar intensitas cahaya yang dihasilkan masing-masing lampu, serta mengetahui lampu apa yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan pemerintah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya perbedaan antara satu perlakuan berbeda pada satu objek yang sama, oleh sebab itu penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental. Penelitian ini dilakukan di UPT PKB Kota Padang Panjang, Jalan. Prof. Hamka No.53, Bukit Surungan, Padang Panjang. Pengambilan data penelitian dilakukan tiga kali pada tiap pengujian, kemudian data tersebut dimasukkan ke dalam tabel data penelitian serta mengahasilkan grafik, dan selanjutnya dilakukan analisis data hingga ditemukan hasil intensitas cahaya pada setiap lampu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada sepeda motor Satria FU 150 didapatkan hasil rata-rata intensitas cahaya pada penggunaan lampu standar (pijar) dalam keadaan kendaraan putaran idle yang dihasilkan sebesar 4.666 candela untuk lampu dekat sedangkan lampu jauh menghasilkan 19.666 candela, pada penggunaan lampu LED dalam keadaan kendaraan putaran idle rata-rata menghasilkan 13.000 candela untuk lampu dekat sedangkan untuk lampu jauh menghasilkan 36.333 candela sehingga terjadi peningkatan intensitas cahaya sebesar 8.334 candela (64,10%) untuk lampu dekat dan untuk lampu jauh sebesar 16.667 candela (45,87%), sedangkan pada penggunaan lampu halogen dalam keadaan kendaraan putaran idle rata-rata menghasilkan 4.000 candela untuk lampu dekat dan untuk lampu jauh menghasilkan 19.000 candela, dalam hal ini terjadi penurunan intensitas cahaya sebesar 666 candela (16,65%) untuk lampu dekat dan untuk lampu jauh sebesar 16.667 candela (3,50%). Berdasarkan hasil penelitian, lampu yang memenuhi standar atau aturan yang ditetapkan PP 55 tahun 2012 pasal 70 huruf a “daya pancar lampu utama lebih dari atau sama dengan 12.000 (dua belas ribu) candela” adalah lampu LED, dimana lampu LED menghasilkan intensitas cahaya sebesar 13.000 candela untuk lampu dekat sedangkan lampu jauh menghasilkan sebesar 36.333 candela.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSugiarto, TotoUNSPECIFIED
CorrectorFernandez, DonnyUNSPECIFIED
CorrectorArif, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: INTENSITAS CAHAYA, LAMPU UTAMA, SEPEDA MOTOR
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:14
Last Modified: 08 Sep 2023 01:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46486

Actions (login required)

View Item View Item