Visualisasi 3 Dimensi Kerusakan Bangunan Menggunakan Aplikasi Sketchup dan Arcgis ( Studi Kasus: Nagari Kajai , Kec. Talamau, Kab. Pasaman barat )

Satria, Galang Ridho (2023) Visualisasi 3 Dimensi Kerusakan Bangunan Menggunakan Aplikasi Sketchup dan Arcgis ( Studi Kasus: Nagari Kajai , Kec. Talamau, Kab. Pasaman barat ). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_GALANG_RIDHO_SATRIA 18331029_4768_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memvisualisasikan peta 3 Dimensi kerusakan bangunan akibat Gempa bumi di Nagari Kajai pada tanggal 25 Februari 2022 dengan Level Of Detail - Level 2 dan 5 kelas kerusakan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Overlay yang diawali dengan tahapan pra-lapangan, dimulai dengan pengolahan data citra SASPlanet tahun 2020 sebagai citra resolusi dalam melakukan koreksi digitasi yang di overlay dengan data OSM dan KKL 25 Februari 2022. Dilanjutkan dengan tahapan kerja lapangan berupa pemotretan kawasan terbangun dan pengumpulan sample titik kerusakan bangunan sebagai media uji akurasi. Dan diakhiri dengan tahap pasca lapangan yang meliputi analyst GIS (Geographic Information System) yang di overlaying dengan data DEM menjadi model 3 Dimensi. Pemodelan 3 Dimensi ini dilakukan dengan melakukan desain bangunan 5 kelas kerusakan menggunakan aplikasi SketchUp lalu di input dengan tools Replace 3D Model pada aplikasi ArcScene sebagai media overlay bentang alam dan model 3 dimensi bangunan.Berdasarkan hasil dari penelitian ini adalah berupa peta visualisasi model 3 Dimensi terrain atau bentang alam Nagari Kajai Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat dan Visualisasi Kerusakan Bangunan 5 kelas pasca gempa di Nagari Kajai pada tanggal 25 Februari 2022 yang telah diolah adalah sejumlah 1.250 data bangunan terdampak bencana alam gempa bumi dengan rincian 37 tidak rusak, 462 rusak ringan, 406 rusak sedang, 343 rusak berat, dan 10 hancur/hilang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulfa, ArieUNSPECIFIED
CorrectorFebriandi, FebriandiUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Sri KandiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: 3 DIMENSI, BENCANA GEMPA BUMI, NAGARI KAJAI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Sep 2023 05:04
Last Modified: 07 Sep 2023 05:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46481

Actions (login required)

View Item View Item