Analisis Sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada Karyawan Traksi PT Tidar Kerinci Agung Menggunakan Metode Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA).

Putra, Kevin Lisson (2023) Analisis Sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada Karyawan Traksi PT Tidar Kerinci Agung Menggunakan Metode Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA). Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_9_KEVIN_LISSON_PUTRA_18073059_1050_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Traksi merupakan divisi pekerjaan yang berhubungan dengan transportasi di PT Tidar Kerinci Agung. Dalam melaksanakan pekerjaan terdapat aktivitas kerja yang dapat menimbulkan bahaya bagi karyawan Traksi. Terdapat kasus kecelakaan kerja yang dialami oleh karyawan Traksi setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi bahaya dari aktivitas kerja karyawan Traksi, sehingga dapat dilakukan tindakan pengendalian untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Pengumpulan data dilakukan pada divisi Kebun Koto Ubi melalui observasi langsung di area kerja Traksi, dan melakukan wawancara karyawan mengenai kegiatan kerja yang dilakukan. Proses identifikasi bahaya dilakukan dengan menggunakan metode Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA). Dari hasil penelitian menggunakan metode HIRA dapat disimpulkan bahwa dari setiap aktivitas pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan Traksi memiliki risiko terjadinya kecelakaan kerja. Saran dari penelitian ini adalah menerapkan program SMK3 agar dapat mengajukan zero accident award yang diberikan oleh Kemnaker, memberikan pelatihan K3 kepada karyawan Traksi, bekerja sesuai standar operasional prosedur dan standar K3, menggunakan APD saat bekerja dan memberikan sanksi bagi yang melanggar, serta melakukan pembaruan secara berkala terkait identifikasi bahaya, penilaian risiko dan cara pengendaliannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMilana, MilanaUNSPECIFIED
CorrectorFernandez, DonnyUNSPECIFIED
CorrectorSetiawan, M. YasepUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SISTEM KESEHATAN, KESELAMATAN KERJA, KECELAKAAN KERJA
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Sep 2023 05:04
Last Modified: 07 Sep 2023 05:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46479

Actions (login required)

View Item View Item