Makna Simbolis dan Unity dalam Estetika Tari Rumah Inai pada Masyarakat Desa Tasik Serai Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau

Nora, Syofia (2023) Makna Simbolis dan Unity dalam Estetika Tari Rumah Inai pada Masyarakat Desa Tasik Serai Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau. Masters thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_04_SYOFIA_ NORA_21161060_1454_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tari Rumah Inai merupakan tari tradisional yang dipertunjukkan sebagai penolak bala terhadap penganten yang baru menikah di desa TasikSerai. Jika tari ini tidak disajikan akan berakibat tidak baik terhadap kerukunan kedua penganten. Hal ini bisa terjadi pertengkaran yang berakibat berpisah atau bercerai atau tidak mendapat keturunan. Penampilan tari Rumah Inai memiliki makna simbolis kebersamaan dan kesatuan dari kedua penganten dan keluarga penganten yang baru menikah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis maknasimbolis dan estetika yang terdapat pada tari Rumah Inai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Data dihimpun dengan teknik observasi, studi kepustakaan, wawancara, dan dekumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai instrumen kunci. Lokasi penelitian berada di desaTasik Serai Kecamatan Pinggir Kabupaten BengkalisPropinsi Riau. Data penelitian didapat dari berbagai informasi yang terdiri dari kepala adat, kepala desa, tetua tari, tokoh masyarakat, dan penari dan pemusik tari Rumah Inai. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tari Rumah Inai memiliki makna simbolis dari segi rangkaian gerak, jumlah penari, properti, tepak dan beras kunyit, dan busana. Di sisi lain, tari ini memiliki estetika unity (keutuhan), complexity (kerumitan), intensity (kekuatan), dan balance (keseimbangan). Aspek estetika yang dimiliki yaitu aspek ilmiawi (objektif) dan aspek falsafi (Subjektif). Makna simbolis dan estetika tari Rumah Inai sampai sekarang dipertehankan oleh masyarakat desa Tasik serai untuk pesta pernikahan penganten baru.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDaryusti, DaryustiUNSPECIFIED
CorrectorEfi, AgustiUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, FujiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:18
Last Modified: 07 Sep 2023 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46466

Actions (login required)

View Item View Item