Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V di SDN 52 Parupuk Tabing

Marianti, Erika (2023) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V di SDN 52 Parupuk Tabing. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_ERIKA_MARIANTI_19329093_4154_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penerapan model role playing terhadap hasil belajar siswa pada materi sejarah kebudayaan Islam kelas V di SDN 52 Parupuk Tabing, yang pada kenyataannya metode mengajar yang digunakan guru masih monoton dan tidak menarik, sehingga siswa sulit memahami materi dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, diperlukannya penggunaan model pembelajaran yang tepat dan menarik oleh guru dalam proses pembelajaran. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pretest dan posttest. Hasil validitas soal pada penelitian ini menunjukkan 19 soal valid dari 25 soal yang diujicobakan. Reliabilitas soal menggunakan Cronbach alpha diperoleh nilai 0.942 > 0.70 yang berarti soal memiliki reliabilitas sangat tinggi. sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji normalitas data dan homogenitas terlebih dahulu. Hasilnya bersifat normal dan homogen. Pada uji normalitas kelompok kontrol diperoleh nilai pretest sig.= 0.62 > 0.05 dan nilai posttest sig.= 0.146 > 0.05, kelompok eksperimen diperoleh nilai pretest sig.= 0.200 > 0.05 dan nilai posttest sig.= 0.51 > 0.05, sedangkan uji homogenitas diperoleh pretest kelompok kontrol dan eksperimen diperoleh nilai sig.= 0.501 > 0.05, posttest kelompok kontrol dan eksperimen diperoleh nilai sig.= 0.166 > 0.05. Adapun data pada penelitian dianailisis dengan menggunakan uji paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan pada kelompok kontrol diperoleh sig. (2-tailed) = 0.018 > 0.05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima, dan kelompok ekperimen diperoleh sig. (2-tailed) = 0.001 < 0.05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian dilakukan uji efektifitas menggunakan rumus efesiensi relatif, diperoleh nilai nilai R < 1 (0,30 < 1) maka artinya penerapan model pembelajaran role playing efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi Sejarah Kebudayaan Islam di SDN 52 Parupuk Tabing. Model pembelajaran role playing dapat menjadi salah satu faktor dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sejarah Kebudayaan Islam. Model pembelajaran role playingmenuntut siswa untuk kreatif, mandiri, bekerjasama dan percaya diri untuk memainkan peran sehingga siswa menjadi aktif dalam pembelajaran dan model pembelajaran role playing juga cocok digunakan untuk siswa sekolah dasar yang pada umumnya lebih menyukai belajar sambil bermain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWirdati, WirdatiUNSPECIFIED
CorrectorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorMuliati, IndahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING, HASIL BELAJAR, SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:43
Last Modified: 07 Sep 2023 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46455

Actions (login required)

View Item View Item