Analisis Pengaruh Speed terhadap Fuel Ratio Alat Angkut Sany SKT 90S-35 pada Kegiatan Pengupasan Overburden Pit South di PT. Anugerah Covindo Indonesia.

Permana, Heri (2023) Analisis Pengaruh Speed terhadap Fuel Ratio Alat Angkut Sany SKT 90S-35 pada Kegiatan Pengupasan Overburden Pit South di PT. Anugerah Covindo Indonesia. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_11_HERI_PERMANA_18137034_1320_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PT. Anugerah Covindo Indonesia merupakan salah satu perusahaan jasa pertambangan batubara sebagai kontraktor di area tambang terbuka, salah satu jobsitenya yaitu GPU (Gorbi Putra Utama) Pit South Desa Beringin II, Kecamatan Rawas Hilir, Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan. Berdasarkan permasalahan dilapangan diketahui bahwa adanya geometri jalan tidak ideal seperti lebar jalan lurus dan tikungan yang masih kurang grade yang melebihi 12%. Dengan keadaan geometri jalan yang tidak ideal akan mempengaruhi total resistance pada kendaraan sehingga akan memengaruhi kecepatan alat angkut yang melintasi tersebut yang nantiya akan menyebabkan produktivitas alat angkut tersebut dan nilai fuelratioalat angkut menjadi naik. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisa bagaimana geometri jalan yang ideal pada jalan tersebut, menganalisa nilai total resistance aktual dan setelah perbaikan serta menganalisa nilai kecepatan dan nilai fuelratio alat angkut baik kondisi aktual maupun setelah dilakukan perbaikan. Jenis penelitian yang digunakan penelitian terapan yang bertujuan untuk mencari solusi mengenai masalah tertentu dengan data berupa data kualitatif maupun kuantitatif. Dari hasil perhitungan yang dilakukan didapat lebar minimal pada jalan lurus sebesar 12,5 m, pada jalan tikungan sebesar 17,545 m, dan untuk gradejalan harus diturunkan dengan nilai maksimal gradesebesar 12%. Nilai total resistance yang sudah mengalami penurunan sehingga produktivitas alat angkut menjadi naik dan nilai fuelratioalat angkut SANY SKT 90S menjadi turun. Produktivitas alat angkut aktual sebesar 117.260, BCM/bulan mengalami kenaikan menjadi 160.256,7 BCM/bulan, sedangkan untuk nilai fuel rasio kondisi aktual alat angkut adalah sebesar 0,48 ltr/bcm mengalami penurunan menjadi 0,35 ltr/bcm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnaperta, Yoszi MingsiUNSPECIFIED
CorrectorPurwanto, WawanUNSPECIFIED
CorrectorNata, Refky AdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GEOMETRI JALAN, TOTAL RESISTANCE, KECEPATAN
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:48
Last Modified: 06 Sep 2023 08:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46447

Actions (login required)

View Item View Item