Penggunaan dan Fungsi Kesenian Talempong Kayu pada Masyarakat Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok

Nurhayati, Nurhayati (2023) Penggunaan dan Fungsi Kesenian Talempong Kayu pada Masyarakat Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok. Masters thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_04_NURHAYATI_21161025_1004_2023 (8 Feb).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penggunaan dan Fungsi Kesenian Talempong Kayu pada Masyarakat Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok” yang bertujuan untuk mengetahui kegunaan dan fungsi kesenian talempong kayu dalam kehidupan masyarakat Batu Bajanjang. Penelitian Kualitatif ini bersifat etnografis, yaitu tentang perilaku masyarakat yang diamati dalam suatu budaya berdasarkan perspektif budaya itu sendiri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan landasan konseptual untuk membedah rumusan masalah. Landasan konseptualnya adalah prinsip fenomenologi. Proses kerja fenomenologi menempatkan fenomena sebagaimana adanya, sehingga tidak ada prasangka atau teori yang mendahului. Penelitian ini menghasilkan data lapangan menurut Perspektif Masyarakat Batu Bajanjang. Data yang dihasilkan saat pertunjukan kesenian talempong kayu berupa interaksi seniman dengan seniman, interaksi seniman dengan masyrakat (penonton) dan interksi masyrakat (penonton) dengan masyarakat (penonton). Hasil analisis dari temuan di lapangan bahwa kesenian talempong kayu saat ini digunakan dalam acara baralek dan alek nagari. Setiap musik yang digunakan oleh masyarakat tentu akan melahirkan fungsi-fungsi yang bisa dianalisa dengan cermat. Adapun fungsi kesenian talempong kayu adalah: Fungsi kenikmatan estetika, Fungsi pengungkapan emosional, Fungsi komunikasi, Fungsi hiburan, Fungsi respon fisik, dan Fungsi kontribusi terhadap integrasi masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyeilendra, SyeilendraUNSPECIFIED
CorrectorArdipal, ArdipalUNSPECIFIED
CorrectorDaryusti, DaryustiUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:48
Last Modified: 06 Sep 2023 08:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46445

Actions (login required)

View Item View Item