Pengaruh Desentralisasi Fiskal, Investasi Publik, dan Investasi Swasta terhadap Implementasi Otonomi Daerah di Kab/Kota Provinsi Sumatera Barat

Shiraath, Luthfi Chalis (2023) Pengaruh Desentralisasi Fiskal, Investasi Publik, dan Investasi Swasta terhadap Implementasi Otonomi Daerah di Kab/Kota Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_09_Luthfi_Chalis_Shiraath_18060113_615_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh: (1) Sejauhmana pengaruh desentralisasi fiskal terhadap implementasi otonomi daerah di kab/kota provinsi Sumatera Barat. (2) Sejauhmana pengaruh investasi publik terhadap implementasi otonomi daerah di kab/kota provinsi Sumatera Barat. (3) Sejauhmana pengaruh investasi swasta terhadap implementasi otonomi daerah di kab/kota provinsi Sumatera Barat. (4) Sejauhmana pengaruh desentralisasi fiskal, investasi publik, dan investasi swasta terhadap implementasi otonomi daerah di kab/kota provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah deskripitif dan induktif. Data yang digunakan adalah data panel untuk 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat dari tahun 2013-2021, data diperoleh dari lembaga terkait dengan variabel penelitian yang dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu variabel terikat yang pada peneltian ini adalah implementasi otonomi daerah dan variabel bebas yang terdiri dari desentralisasi fiskal, investasi publik, investasi swasta. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan Random Effect Moden (REM). Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa: (1) Desentralisasi fiskal berpengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi otonomi daerah di kab/kota provinsi Sumatera Barat. (2) Investasi publik berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap implementasi otonomi daerah di kab/kota provinsi Sumatera Barat. (3) Investasi swasta berpengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi otonomi daerah di kab/kota provinsi Sumatera Barat. (4) Desentralisasi fiskal, investasi publik, dan investasi swasta berpengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi otonomi daerah di kab/kota provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnis, AliUNSPECIFIED
CorrectorRiani, Novya ZulfaUNSPECIFIED
CorrectorAkbar, Urmatul UskaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:09
Last Modified: 06 Sep 2023 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46427

Actions (login required)

View Item View Item