Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kelurahan Jati Baru Kecamatan Padang Timur Kota Padang

Wangi, Dinda Sekar (2023) Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kelurahan Jati Baru Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_01_DINDA_SEKAR_WANGI_17045056_3134_2023.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui,menganalisis dan membahas data tentang partisipasi masyarakat terhadap pengelolaan sampah rumah tangga di Kelurahan Jati Baru Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jenis penelitian tergolong Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan cara observasi wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari perangkat Kelurahan Jati Baru, Ketua RT dan masyarakat sekitar di Kelurahan Jati Baru dengan jumlah responden 27 orang. Adapun hasil dari penelitian ini adalah partisipasi masyarakat terhadap pengelolaan sampah di lingkungan Kelurahan Jati Baru masih rendah dari 27 responden, 9 diantaranya melakukan pengelolaan sampah dengan cara memisahkan sampah organik dan anorganik, sampah organik dikelola dengan cara dijadikan pupuk atau dibakar. Sedangkan sampah anorganik kelola dengan cara membuat kerajinan tangan dan dijual pada pengepul barang bekas. Kelurahan Jati Baru tidak menyediakan bak penampungan sampah. Bak sampah sudah disediakan oleh Pemerintah Kota. Terdapat dua titik bak penampungan di Kelurahan Jati Baru yaitu di Jalan Situjuh dan di Jalan Jati IV. Masyarakat juga melakukan iuran setiap bulan yang sudah disepakati, namun tidak diwajibkan. Jenis partisipasi masyrakat di Kelurahan Jati Baru berupa buah pikir, tenaga dan harta benda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
CorrectorNovia, ReryUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGELOLAAN SAMPAH, SAMPAH RUMAH TANGGA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:11
Last Modified: 06 Sep 2023 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46409

Actions (login required)

View Item View Item