Studi Komparatif Pertunjukan Leak pada Kesenian Bali dengan Pertunjukkan Leak pada Kesenian Kuda Lumping di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Meifitriadi, Meifitriadi (2023) Studi Komparatif Pertunjukan Leak pada Kesenian Bali dengan Pertunjukkan Leak pada Kesenian Kuda Lumping di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Masters thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_04_MEIFITRIADI_21161050_1470_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesenian Leak merupakan kesenian daerah Bali yang berkembang di daerah Kecamatan Rumbai, dilihat dari segi pertunjukkan terdapat persamaan dan perbedaannya, namun tidak banyak orang memahami kesenian Leak, hanya sebagai hiburan semata, Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana pertunjukkan Leak pada masysarakat Bali dan bagaimana pertunjukkan Leak pada kesenian Kuda Lumping di Kecamatan Rumbai serta persamaan dan perbedaannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa studi kepustakaan baik itu berupa buku, penelitian sebelumnya ataupun jurnal dan juga observasi lapangan, dan melalui wawancara yang dilakukan langsung oleh peneliti kepada informan yang dianggap memiliki pengaruh besar pada pertunjukkan Leak yang ada di Kecamatan Rumbai dengan pendekatan analisis snowball. Temuan penelitian mendapatkan bahwa seni pertunjukkan Leak di Bali merupakan pertunjukkan tunggal yang menceritakan ilmu hitam, dilihat dari persamaan dan perbedaan kesenian Leak di Bali, sedangkan pertunjukkan Leak di Kecamatan Rumbai merupakan pertunjukkan yang dikombinasikan dengan kesenian Kuda Lumping. terdapat perbedaan yang signifikan dan ada juga yang tidak signifikan dengan arti kata berlainan, perbedaan pertunjukkan Leak Bali dengan Leak di Kecamatan Rumbai terdapat pada bagian cerita, kostum, properti, musik, dan alat musik yang digunakan. Pertunjukkan Leak Bali menggunakan cerita sejarah-sejarah dari Bali, kostum dan properti yang digunakan merupakan adat budaya Bali, musik yang digunakan mengandung nuansa Bali serta alat musik yang digunakan adalah gambelan Bali. Sedangkan pada kesenian Leak di Kecamatan Rumbai disajikan dalam pengkombinasian dengan kesenian Kuda Lumping, sehingga penyajiannya berkolaborasi dengan kebudayaan Jawa tepatnya dari daerah Kediri serta percampuran dengan budaya setempat. yang dilengkapi dengan kostum, musik pengiring seperti gendang, gamelan Jawa. Persamaan dan perbedaan dari kedua kesenian ini tampak juga pada pola lantai, kostum dan alat musik, dan bentuk pertunjukkannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfi, AgustiUNSPECIFIED
CorrectorErianjoni, ErianjoniUNSPECIFIED
CorrectorHeldi, HeldiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Sep 2023 13:56
Last Modified: 06 Sep 2023 06:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46407

Actions (login required)

View Item View Item