Teks, Konteks dan Penyajian Dendang Randai dalam Cerita Si Ganjua Lalai Nagari Padang Tarok Kecamatan Baso Kabupaten Agam, Sumatera Barat

Pitaloka, Elsa (2023) Teks, Konteks dan Penyajian Dendang Randai dalam Cerita Si Ganjua Lalai Nagari Padang Tarok Kecamatan Baso Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Masters thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_04_ELSA_PITALOKA_ 21161045_1185_2023.pdf

Download (717kB) | Preview

Abstract

Cerita Si Ganjua Lalai merupakan salah satu cerita rakyat Minangkabau. Cerita Si Ganjua Lalai disampaikan dalam bentuk kaba, kadang juga diiringi dengan musik rabab atau saluang bahkan menjadisuatu cerita yang disajikan dalam bentuk randai (drama tradisional Minangkabau). Dalam cerita Si Ganjua Lalai banyak pesan moral dan nilai-nilai sosial budaya yang dapat dijadikan sebagai pendidikan, namun seiring perkembangan zaman, kesenian randai yang mengandung pesan moral dan nilai-nilai sosial budaya tersebut mulai bergeser bahkan ditinggalkan oleh masyarakat Minangkabau khususnya generasi muda, mereka lebih memilih kesenian yang kekinian atau modern. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan teks, konteks dan penyajian dendang randai dalam cerita Si Ganjua Lalai Nagari Padang Tarok Kecamatan Baso Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka serta triangulasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pertunjukan randai Si Ganjua Lalai terdapat teks, konteks dan penyajian dendang randai yang berisikan nilainilai perjuangan Sabai Nan Aluih didalam cerita rakyat Minangkabau Si Ganjua Lalai. Adapun penyajian dendang randai dalam bentuk partitur. Bagaimana pendendang mengiringi melodi dan pemain saluang mengiringi pendendang. Pendendang dan pemain saluang turut hadir dan ikut serta dalam pertunjukan dendang randai Si Ganjua Lalai. Berdasarkan temuan penulis dilapangan mengenai konteks dendang randai Si Ganjua Lalai, penggunaan partitur dalam penyajian dendang randai Si Ganjua Lalai merupakan bentuk bahasa yang relevan dari situasi komunikatif memiliki makna kontekstual yang menjadi bagian suatu uraian atau kalimat yang dapat mendukung atau menambah kejelasan pembahasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfi, AgustiUNSPECIFIED
CorrectorLumbantoruan, JagarUNSPECIFIED
CorrectorElida, ElidaUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Sep 2023 13:56
Last Modified: 06 Sep 2023 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46405

Actions (login required)

View Item View Item