Rancang Bangun Transmisi Mesin Penggiris Ubi Kayu dengan Mekanisme Horizontal Rotary Program Studi D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Padang.

Jeri, Hamdani Syukron (2023) Rancang Bangun Transmisi Mesin Penggiris Ubi Kayu dengan Mekanisme Horizontal Rotary Program Studi D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Padang. Diploma thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_8_HAMDANI_SYUKRON_JERI_ 19072029_990_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ubi kayu adalah salah satu makanan pengganti nasi yang populer di Indonesia khususnya Sumatera Barat. Ubi kayu telah diolah menjadi berbagai macam kudapan oleh masyarakat indonesia sejak zaman dahulu. Ubi kayu adalah jenis umbi-umbian, dengan akar dan daun yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Pada umumnya, cassava diolah dengan cara digoreng dan direbus. Pada proyek ini mempunyai tujuan untuk mengetahui cara perancangan mesin cassava sistem potong dan cara pembuatan mesin ubi kayu sistem pembelah.Ada beberapa komponen seperti : Poros, v-belt, pulley,motor listrik, dan mata pisau. Poros adalah suatu bagian stationer yang berputar, biasanya berpenampang bulat dimana terpasang elemen-elemen seperti roda gigi (gear), pullet flywheel, engkol, sprocket dan elemen pemindahan lainnya.Bantalan merupakan elemen mesin yang mampu menumpu poros berbeban, sehingga putaran atau gerakan bolak-baliknya dapat berlangsung secara halus, aman, dan panjang umur. Bantalan harus cukup kokoh untuk memungkinkan poros serta elemen mesin lainnya bekerja dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRifelino, RifelinoUNSPECIFIED
CorrectorIndrawan, EkoUNSPECIFIED
CorrectorSari, DelimaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: RANCANG BANGUN, MESIN PENGGIRIS, TRANSMISI MESIN
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Sep 2023 13:55
Last Modified: 05 Sep 2023 13:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46400

Actions (login required)

View Item View Item