Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving pada Materi Dasar Listrik dan Elektronika pada Kelas X TITL SMK Negeri 2 Kota Solok.

Mahendra, Goval (2023) Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving pada Materi Dasar Listrik dan Elektronika pada Kelas X TITL SMK Negeri 2 Kota Solok. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_3_GOVAL_MAHENDRA_18063055_2443_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Problem Based Learning dan Problem Solving pada materi pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X TITL SMK N 2 Kota Solok pada tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif yaitu penelitian Quasi Experimental Design atau ekperimen semua yang mana desain ini mempunyai dua kelompok eksperimen. Desain Quasi Exsperimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest Posstest Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, selanjutnya menggunakan uji hipotesis untuk mengambil keputusan. Dalam perbandingan pembelajaran menggunakan metode Problem Based Learning dan Problem Solving terdapat sedikit perbedaan pada rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik. Pada metode Problem Based Learning rata-rata nilai yang diperoleh adalah lebih rendah dari pada metode Problem Solving. Hasil uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji-t dan mendapatkan hasil nilai thitung lebih kecil dari patattable pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan dalam pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika dengan metode Problem Based Learning dan Problem Solving di SMKN 2 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuskhir, MukhlidiUNSPECIFIED
CorrectorUsmeldi, UsmeldiUNSPECIFIED
CorrectorHambali, HambaliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, METODE PEMBELAJARAN, ELEKTRONIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Sep 2023 13:54
Last Modified: 05 Sep 2023 13:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46397

Actions (login required)

View Item View Item