Gender Representation in English Textbooks for Twelfth Grade Senior High School Students: An Analysis of Bahasa Inggris and Pathway to English

Astuti A.R., Yelsa (2023) Gender Representation in English Textbooks for Twelfth Grade Senior High School Students: An Analysis of Bahasa Inggris and Pathway to English. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_YELSA_ASTUTI_A.R._18018027_739_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis representasi gender dalam buku pelajaran bahasa Inggris untuk siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan analisis isi untuk menganalisis dua buku pelajaran bahasa Inggris: Bahasa Inggris, yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dan Pathway to English, yang diterbitkan oleh Erlangga. Buku yang pertama adalah buku wajib, sedangkan buku yang kedua bersifat pelengkap. Teori representasi gender Logsdon digunakan untuk menganalisis representasi gender di kedua buku teks, yaitu jumlah gambar atau ilustrasi perempuan/laki-laki, jumlah perempuan/laki-laki yang disebutkan, jumlah pekerjaan perempuan/laki-laki, jumlah aktivitas perempuan/laki-laki, jumlah panutan perempuan/laki-laki, dan pola penyebutan nama perempuan/laki-laki. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa posisi laki-laki lebih dominan daripada perempuan di kedua buku teks. Di dalam Bahasa Inggris, ada tiga aspek yang didominasi laki-laki, yaitu jumlah pekerjaan perempuan/laki-laki, jumlah panutan perempuan/laki-laki, dan jumlah pola penyebutan nama perempuan/laki-laki. Sedangkan perempuan mendominasi dua aspek, yaitu jumlah gambar atau ilustrasi perempuan/laki-laki, dan jumlah perempuan/laki-laki yang disebutkan. Dan ada satu aspek yang menunjukkan representasi gender yang setara, yaitu jumlah aktivitas perempuan/laki-laki. Selain itu, di dalam Pathway to English ketidaksetaraan gender juga ditemukan di dalam buku. Laki-laki mendominasi semua aspek representasi gender di dalam buku . Jadi, dapat disimpulkan bahwa laki-laki lebih dominan dibandingkan perempuan pada kedua buku teks tersebut. Namun, ketika kedua buku teks tersebut dibandingkan, terdapat lebih banyak kesetaraan gender didalam buku yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Bahasa Inggris daripada buku yang diterbitkan oleh Erlangga Pathway to English. Hal ini menunjukkan bahwa penulis Bahasa Inggris telah berusaha mempromosikan kesetaraan gender dalam buku pelajaran, sementara penulis Pathway to English belum bisa menunjukkan kesetaraan gender di dalam buku. Oleh karena itu, terdapat gender bias yang direpresentasikan di dalam buku Pathway to English.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWahyuni, DelviUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, LeniUNSPECIFIED
CorrectorOktavia, WitriUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 05 Sep 2023 13:54
Last Modified: 05 Sep 2023 13:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46396

Actions (login required)

View Item View Item